digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Industri kreatif merupakan penyangga perekonomian Indonesia dan penyumbang PDB negara. Pada tahun 2018 industri kreatif alas kaki di Indonesia berhasil menghasilkan 1,41 miliar pasang sepatu atau menyumbang 4,6 persen dari total produksi sepatu dunia. MKS Shoes merupakan salah satu merek alas kaki lokal yang berlokasi di Bandung yang menjual sepatu untuk wanita khususnya dari generasi milenial sebagai target pasar utamanya. Namun, generasi milenial diketahui memiliki sikap tidak loyal dan sulit mempercayai sebuah merek. Saat ini, Sepatu MKS memiliki tingkat pembelian berulang yang rendah dan juga penjualan yang berfluktuasi, yang menandakan rendahnya loyalitas pelanggan terhadap merek tersebut. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui sejauh mana keterlibatan milenial dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan terhadap MKS Shoes; kedua, untuk mengetahui peran kepercayaan milenial terhadap loyalitas pelanggan terhadap MKS Shoes; dan ketiga, mengembangkan strategi loyalitas bagi pelanggan milenial sebagai upaya meningkatkan kinerja penjualan MKS Shoes. Penelitian ini menggunakan metode campuran penelitian kualitatif dan kuantitatif untuk menilai lingkungan eksternal dan internal MKS Shoes. Metode kualitatif dilakukan melalui wawancara dengan manajemen MKS Shoes dan dengan mengumpulkan data dari jurnal, website dan e-book. Metode kuantitatif dilakukan melalui survei terhadap 228 responden yang mewakili pelanggan MKS Shoes. Analisis eksternal menggunakan analisis PESTLE, Five Porter Forces, analisis pesaing dan analisis pelanggan menghasilkan peluang dan ancaman untuk MKS Shoes; sedangkan analisis internal menggunakan analisis RBV, VRIO, STP dan bauran pemasaran menunjukkan kekuatan dan kelemahan MKS Shoes. Kemudian, analisis SWOT dan analisis Fishbone mengidentifikasi akar penyebab rendahnya loyalitas pelanggan, yang dikategorikan menjadi sifat dan perilaku milenial, persaingan dan substitusi, kisaran harga yang mirip dengan pesaing, dan kesamaan saluran promosi. Oleh karena itu, penelitian ini melakukan analisis Porter Business Strategic dan TOWS Matrix untuk menghasilkan 11 solusi bisnis yang dapat menghilangkan akar permasalahan. Hasilnya, penelitian ini mengembangkan strategi loyalitas untuk meningkatkan loyalitas pelanggan melalui keterlibatan milenial dan kepercayaan terhadap MKS Shoes.