Industri kreatif merupakan penyangga perekonomian Indonesia dan penyumbang PDB negara. Pada
tahun 2018 industri kreatif alas kaki di Indonesia berhasil menghasilkan 1,41 miliar pasang sepatu atau
menyumbang 4,6 persen dari total produksi sepatu dunia. MKS Shoes merupakan salah satu merek
alas kaki lokal yang berlokasi di Bandung yang menjual sepatu untuk wanita khususnya dari generasi
milenial sebagai target pasar utamanya. Namun, generasi milenial diketahui memiliki sikap tidak loyal
dan sulit mempercayai sebuah merek. Saat ini, Sepatu MKS memiliki tingkat pembelian berulang
yang rendah dan juga penjualan yang berfluktuasi, yang menandakan rendahnya loyalitas pelanggan
terhadap merek tersebut. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui
sejauh mana keterlibatan milenial dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan terhadap MKS Shoes;
kedua, untuk mengetahui peran kepercayaan milenial terhadap loyalitas pelanggan terhadap MKS
Shoes; dan ketiga, mengembangkan strategi loyalitas bagi pelanggan milenial sebagai upaya
meningkatkan kinerja penjualan MKS Shoes. Penelitian ini menggunakan metode campuran penelitian
kualitatif dan kuantitatif untuk menilai lingkungan eksternal dan internal MKS Shoes. Metode
kualitatif dilakukan melalui wawancara dengan manajemen MKS Shoes dan dengan mengumpulkan
data dari jurnal, website dan e-book. Metode kuantitatif dilakukan melalui survei terhadap 228
responden yang mewakili pelanggan MKS Shoes. Analisis eksternal menggunakan analisis PESTLE,
Five Porter Forces, analisis pesaing dan analisis pelanggan menghasilkan peluang dan ancaman untuk
MKS Shoes; sedangkan analisis internal menggunakan analisis RBV, VRIO, STP dan bauran
pemasaran menunjukkan kekuatan dan kelemahan MKS Shoes. Kemudian, analisis SWOT dan
analisis Fishbone mengidentifikasi akar penyebab rendahnya loyalitas pelanggan, yang dikategorikan
menjadi sifat dan perilaku milenial, persaingan dan substitusi, kisaran harga yang mirip dengan
pesaing, dan kesamaan saluran promosi. Oleh karena itu, penelitian ini melakukan analisis Porter
Business Strategic dan TOWS Matrix untuk menghasilkan 11 solusi bisnis yang dapat menghilangkan
akar permasalahan. Hasilnya, penelitian ini mengembangkan strategi loyalitas untuk meningkatkan
loyalitas pelanggan melalui keterlibatan milenial dan kepercayaan terhadap MKS Shoes.
Perpustakaan Digital ITB