Digitalisasi adalah sebuah proses memberdayakan teknologi dan informasi digital untuk
mentransformasi cara beroperasinya sebuah bisnis. Dengan hadirnya digitalisasi, banyak
industri yang terdisrupsi yaitu salah satu nya industri perbankan. Dalam merespon disrupsi
tersebut, industri perbankan melakukan dan menginisiasi strategi digital pada produk dan
layanan kepada strategi perusahaan dengan tujuan untuk tetap memenuhi kebutuhan
pelanggan. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan strategi marketing Bank Mandiri
Region Jawa Barat dalam menghadapi era digitalisasi dengan mengetahui apa yang
menjadi ekspektasi nasabah terhadap produk perbankan pada masa yang akan datang,
bagaimanakah strategi marketing Bank Mandiri Region Jawa Barat saat ini dalam
mendukung transformasi digital dan apa yang harus dilakukan oleh Bank Mandiri Region
Jawa Barat untuk mendukung digital banking mengacu pada perilaku konsumen lokal.
1
Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed methodology yaitu
kombinasi dari metode kualititatif dan kuantitatif, dimana metode kualititatif dilakukan
melalui In-Depth Interview terhadap manajemen di Bank Mandiri sedangkan metode
kuantitatif melalui daring kuisioner terhadap beberapa responden. Untuk analisis yang
digunakan pada penelitian ini adalah melalui analisis lingkungan eksternal dan analisis
lingkungan internal. Pada analisis lingkungan eksternal, penlis menggunakan analisis
PESTLE dan analisis 5 Porter’s Forces, sedangkan untuk analisis lingkungan internal
menggunakan analisis Resources, analisis Value Chain Activity, analisis STP dan analisis
4P. Dari analisis-analisis tersebut diformulasikan menjadi strategi marketing yang baru
melalui tools marketing strategi yaitu Matriks TOWS, STP dan Marketing Mix (4p).
Dari penelitian ini maka dihasilkan beberapa rumusan strategi pemasaran yang dapat
diaplikasikan oleh Bank Mandiri Region Jawa Barat yaitu sebagai berikut terus
memasarkan produk perbankan digital melalui social media, endorsement dan beberapa
promosi di Youtube. Melakukan program retensi kepada nasabah melalui diskon,
customer gathering dan konsisten memberikan layanan yang terbaik. Melakukan beberapa
inovasi, dan juga membuat strategi marketing yang selalu massif dan simultan dengan
bekerjasama dengan beberapa pihak seperti Universitas yang mampu meningkatkan
penetrasi pasar produk digital terutama pada segmen milenial.
Perpustakaan Digital ITB