digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Digitalisasi adalah sebuah proses memberdayakan teknologi dan informasi digital untuk mentransformasi cara beroperasinya sebuah bisnis. Dengan hadirnya digitalisasi, banyak industri yang terdisrupsi yaitu salah satu nya industri perbankan. Dalam merespon disrupsi tersebut, industri perbankan melakukan dan menginisiasi strategi digital pada produk dan layanan kepada strategi perusahaan dengan tujuan untuk tetap memenuhi kebutuhan pelanggan. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan strategi marketing Bank Mandiri Region Jawa Barat dalam menghadapi era digitalisasi dengan mengetahui apa yang menjadi ekspektasi nasabah terhadap produk perbankan pada masa yang akan datang, bagaimanakah strategi marketing Bank Mandiri Region Jawa Barat saat ini dalam mendukung transformasi digital dan apa yang harus dilakukan oleh Bank Mandiri Region Jawa Barat untuk mendukung digital banking mengacu pada perilaku konsumen lokal. 1 Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed methodology yaitu kombinasi dari metode kualititatif dan kuantitatif, dimana metode kualititatif dilakukan melalui In-Depth Interview terhadap manajemen di Bank Mandiri sedangkan metode kuantitatif melalui daring kuisioner terhadap beberapa responden. Untuk analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah melalui analisis lingkungan eksternal dan analisis lingkungan internal. Pada analisis lingkungan eksternal, penlis menggunakan analisis PESTLE dan analisis 5 Porter’s Forces, sedangkan untuk analisis lingkungan internal menggunakan analisis Resources, analisis Value Chain Activity, analisis STP dan analisis 4P. Dari analisis-analisis tersebut diformulasikan menjadi strategi marketing yang baru melalui tools marketing strategi yaitu Matriks TOWS, STP dan Marketing Mix (4p). Dari penelitian ini maka dihasilkan beberapa rumusan strategi pemasaran yang dapat diaplikasikan oleh Bank Mandiri Region Jawa Barat yaitu sebagai berikut terus memasarkan produk perbankan digital melalui social media, endorsement dan beberapa promosi di Youtube. Melakukan program retensi kepada nasabah melalui diskon, customer gathering dan konsisten memberikan layanan yang terbaik. Melakukan beberapa inovasi, dan juga membuat strategi marketing yang selalu massif dan simultan dengan bekerjasama dengan beberapa pihak seperti Universitas yang mampu meningkatkan penetrasi pasar produk digital terutama pada segmen milenial.