PT. PELNI sebagai perusahaan yang bergerak di sektor transportasi dan berperan aktif dalam
membangun konektifitas seluruh Indonesia perlu mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia
marketing. Customer loyalty sebagai tujuan dari marketing perusahaan perlu dibangun secara
lebih serius dengan melihat berbagai aspek yang berhubungan salah satunya dengan membangun
perencanaan marketing yang tepat sasaran.
Tujuan dari penelitian ini, yaitu melakukan observasi bisnis pelayaran penumpang secara umum
dan secara khusus dalam hal perencanaan marketing, mengidentifikasi pelaksanaan strategi
marketing dan tanggapan pelanggan terhadap strategi marketing yang dilakukan, mengukur
tingkat loyalitas pelanggan PT. PELNI, membuat saran dan rekomendasi terkait startegi
pemasaran yang diperlukan dalam peningkatan customer loyalty.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi eksplanatori dengan menggunakan data
primer dari kuisioner dan data sekunder dari sumber yang telah diolah sebelumnya. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumenter dengan instrumen kuisioner dan
Skala Likert untuk pengukurannya. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Analisis
Reliabilitas, Uji Validitas, (Customer Satisfaction Index) CSI Model, dan (Importance
Performance Analysis) IPA Gap Analysis, IPA Quadrant Analysis, SERVQUAL (Service Quality)
Model, Structural Equation Modeling (SEM).
Dari penelitian ini dapat disimpulkan, kualitas fasilitas pelayanan publik dan pelayanan on board
di KM. Binaiya berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang dengan kontribusi lebih
dari 60%. Sedangkan kepuasan penumpang atau pelanggan berpengaruh besar terhadap loyalitas
pelanggan di KM. Binaiya dengan kontribusi lebih dari 89%. Hal ini berarti, untuk dapat
meningkatkan loyalitas pelanggan KM. Binaiya, PT. PELNI perlu meningkatkan kualitas
layanannya. Karena ketika pelanggan merasa puas dengan kualitas layanan yang mereka terima,
loyalitas mereka juga meningkat secara signifikan. Secara keseluruhan, upaya peningkatan
layanan yang dilakukan oleh PT. PELNI sudah mulai dirasakan oleh penumpang yang menjadi
pelanggan loyal.
Perpustakaan Digital ITB