digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Imam Mahdi Hanif
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 1 Imam Mahdi Hanif
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 2 Imam Mahdi Hanif
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 3 Imam Mahdi Hanif
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 4 Imam Mahdi Hanif
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 5 Imam Mahdi Hanif
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

BAB 6 Imam Mahdi Hanif
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

DAFTAR Imam Mahdi Hanif
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

2020 TA PP IMAM MAHDI HANIF_LAMPIRAN A.pdf?
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

2020 TA PP IMAM MAHDI HANIF_LAMPIRAN B.pdf?
Terbatas Yoninur Almira
» ITB

Koridor jalan merupakan elemen pembentuk citra kota yang memiliki fungsi sebagai ruang publik melalui ragam kegiatan yang terdapat didalamnya. Keberadaan koridor jalan yang kondusif menjadi hal penting untuk dapat menunjang peran pembentuk citra kota. Kota Bandung merupakan Ibukota Provinsi Jawa Barat yang memiliki peran penting untuk dapat melayani Kawasan Perkotaan Cekungan Bandung, Provinsi Jawa Barat hingga Nasional. Kebutuhan koridor jalan yang kondusif menjadi hal penting untuk dapat menunjang peran Kota Bandung dalam melayani kawasan sekitarnya. Akan tetapi seiring dengan perkembangan aktivitas Kota Bandung, menyebabkan pergeseran makna koridor jalan sebagai ruang publik melalui dominasi pihak tertentu. Penyusunan prinsip perancangan menggunakan konsep Shared Space Street menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk mengembalikan fungsi koridor jalan sebagai ruang publik yang kondusif. Konsep Shared Space Street merupakan konsep yang menghilangkan pembatas jalan formal agar dapat digunakan bersama. Konsep ini sedang berkembang di eropa dan amerika untuk mengembalikan dan meningkatkan kinerja koridor yang memiliki kegiatan aktif sepanjang jalan sebagai ruang publik. Oleh karena itu, studi ini bertujuan untuk menyusun Prinsip Perancangan Ruang Jalan Kawasan CBD Kota Bandung dengan konsep Shared Space Street. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat eksploratif yang mengkaji konsep livable street dan preseden konsep Shared Space Street. Pengambilan data dilakukan melalui observasi dan studi literatur terkait teori perancangan dan konsep Shared Space Street berdasarkan dokumen ilmiah maupun peraturan perundang-undangan. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan tiga kriteria yang menjadi dasar untuk menyusun prinsip perancangan ruang jalan kawasan CBD Kota Bandung yaitu interaksi sosial, kenyaman dan keamanan. Prinsip perancangan ruang jalan kawasan CBD Kota Bandung dibuat untuk mengatasi persoalan yang terdapat pada koridor jalan. Prinsip perancangan akan menjadi acuan dalam menyediakan komponen perancangan yang dibutuhkan untuk dapat mendukung terbentuknya penggunaan ruang jalan bersama serta dapat mengembalikan fungsi koridor jalan sebagai penyedia ruang publik yang dapat diakses oleh siapapun secara leluasa.