ABSTRAK Dias Septiana Riyani
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
Terbatas Irwan Sofiyan
» ITB
Kepuasan karyawan merupakan salah satu aspek yang penting dan menjadi perhatian berbagai perusahaan, termasuk PT Toyota-Astra Motor (TAM). Untuk mengetahui tingkat kepuasan karyawannya PT Toyota-Astra Motor selalu melakukan Employee Opinion Survey (EOS) setiap akhir tahun. Berdasarkan hasil EOS dapat dilihat aspek-aspek yang membutuhkan perbaikan.
Salah satu dimensi dari EOS yaitu keadilan dan konsistensi setiap tahun hasilnya terus menurun. Hal ini dikarenakan proses pengambilan keputusan dan penyusunan kebijakan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dilakukan menggunakan dokumen yang sudah tidak sesuai dengan kondisi aktual perusahaan. Dokumen yang dimaksud adalah kamus kompetensi dan kebutuhan kompetensi jabatan.
Pada penelitian ini akan disusun kamus kompetensi dan kebutuhan kompetensi jabatan pada Divisi Area dan Information System and Technology (IST). Penelitian ini akan menggunakan model kompetensi TAM sebagai acuan dan beberapa model kompetensi sebagai pembanding. Penyusunan kamus kompetensi dan kebutuhan kompetensi jabatan dilakukan menggunakan pendekatan proses bisnis dan wawancara kepada divisi terkait.
Penelitian ini menghasilkan 23 functional competencies, 9 leadership competencies, dan 6 core competencies untuk Divisi Area dan ISTD. Kompetensi tersebut akan disusun ke dalam kamus kompetensi dan dipetakan dalam matriks kebutuhan kompetensi jabatan. Dengan diperbaruinya kamus kompetensi dan kebutuhan kompetensi jabatan diharapkan perusahaan dapat membuat kebijakan secara objektif, efektif, dan efisien.
Perpustakaan Digital ITB