Seiring dunia menjadi semakin terhubung karena globalisasi dan berbagai faktor lainnya,
permintaan karyawan dengan talenta global juga meningkat. Pada tahun 2014 PT. Telkom
Indonesia berinisiatif mengembangkan talenta global bagi karyawannya karena ekspansi
internasional yang akan mereka lakukan saat itu. Telkom International Capability Center
merupakan salah satu program dari inisiatif yang berperan sebagai enabler untuk semuanya,
seperti namanya, merupakan pusat yang didedikasikan untuk segala urusan yang berkaitan
dengan pengembangan kapabilitas internasional. Secara khusus, ini adalah pusat yang digunakan
untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan untuk penugasan internasional
dengan memanfaatkan bakat global mereka. Hal tersebut cukup efektif dilihat dari fakta bahwa
PT. Telkom berhasil dalam ekspansi internasional tanpa perlu mempekerjakan ekspatriat dalam
jumlah besar. Namun dengan kemajuan teknologi dan tantangan baru di dunia saat ini, Telkom
International Capability Center belum diperbarui dan dievaluasi. Penelitian ini mewawancarai
individu-individu kunci yang memiliki keterlibatan besar dengan Telkom International
Capability Center untuk menganalisis hal-hal yang perlu diubah agar tetap relevan dan efektif
dalam metodenya untuk mengembangkan talenta global, penelitian juga melakukan tinjauan
pustaka untuk menguatkan temuan dari wawancara. Hasilnya memang ada beberapa hal yang
perlu diubah seperti peningkatan penggunaan alat-alat teknologi untuk memastikan hasil yang
lebih efisien, peningkatan kontinuitas ilmu pengetahuan dan umpan balik, gamifikasi juga
berperan besar untuk memastikan bahwa peserta antusias, dan penyesuaian kecil lainnya. Peneliti
bertujuan riset ini tidak hanya menguntungkan PT. Telkom tetapi semua perusahaan lain yang
sedang mengalami kondisi serupa. Dengan segala pertimbangan peneliti berharap dapat
memberikan manfaat bagi Indonesia dalam mengembangkan angkatan kerjanya dalam
berkontribusi untuk upaya menjadi bangsa yang maju.