digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT Bio Farma (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang menjalankan bisnisnya di Industri Farmasi yaitu produk Vaksin dan Anti-Sera, sehingga memiliki peranan penting untuk meningkatkan kualitas hidup di Indonesia. Selain itu Bio Farma sudah mempunyai kapabilitas untuk melakukan ekspor produknya karena sudah mempunyai pra-kualifikasi WHO yang membuat Bio Farma dapat mendistribusikan produknya secara global. PT Bio Farma (Persero) dalam mendistribusikan produknya mempunyai dua sector pasar, yaitu sektor domestik dan internasional. Dari kedua sector tersebut, PT Bio Farma (Persero) mempunyai kendalanya masing-masing. Di Indonesia Bio Farma mempunyai tantangan untuk mengikuti peraturan mengenai Jaminan Produk Halal (JPH), dan mengurangi impor produk. Untuk sector internasional, penjualan produk polio semakin menurun sehingga berpotensi menurunkan pendapatan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal perusahaan sehingga dapat menciptakan strategi untuk mengatasi isu bisnis perusahaan. Setelah melakukan analisis internal dan eksternal, seluruh analisis akan disimpulkan dalam Analisis SWOT. Setelah melakukan analisis tersebut akan ditentukan strategi yang tepat untuk mengatasi isu bisnis perusahaan yaitu Strategi Korporat dengan menggunakan Strategi Diversifikasi, sedangkan untuk Strategi Bisnis dengan menggunakan Integrated Cost Leadership/Differentiation. Strategi ini ditetapkan sebagai upaya meningkatkan sinergi organisasi perusahaan dan dapat memperbaiki proses operasional perusahaan agar dapat mencapai seluruh tujuan yang sudah ditetapkan perusahaan.