PT Bio Farma (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang
menjalankan bisnisnya di Industri Farmasi yaitu produk Vaksin dan Anti-Sera,
sehingga memiliki peranan penting untuk meningkatkan kualitas hidup di
Indonesia. Selain itu Bio Farma sudah mempunyai kapabilitas untuk melakukan
ekspor produknya karena sudah mempunyai pra-kualifikasi WHO yang membuat
Bio Farma dapat mendistribusikan produknya secara global.
PT Bio Farma (Persero) dalam mendistribusikan produknya mempunyai
dua sector pasar, yaitu sektor domestik dan internasional. Dari kedua sector
tersebut, PT Bio Farma (Persero) mempunyai kendalanya masing-masing. Di
Indonesia Bio Farma mempunyai tantangan untuk mengikuti peraturan mengenai
Jaminan Produk Halal (JPH), dan mengurangi impor produk. Untuk sector
internasional, penjualan produk polio semakin menurun sehingga berpotensi
menurunkan pendapatan perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi internal dan eksternal
perusahaan sehingga dapat menciptakan strategi untuk mengatasi isu bisnis
perusahaan. Setelah melakukan analisis internal dan eksternal, seluruh analisis akan
disimpulkan dalam Analisis SWOT.
Setelah melakukan analisis tersebut akan ditentukan strategi yang tepat
untuk mengatasi isu bisnis perusahaan yaitu Strategi Korporat dengan
menggunakan Strategi Diversifikasi, sedangkan untuk Strategi Bisnis dengan
menggunakan Integrated Cost Leadership/Differentiation. Strategi ini ditetapkan
sebagai upaya meningkatkan sinergi organisasi perusahaan dan dapat memperbaiki
proses operasional perusahaan agar dapat mencapai seluruh tujuan yang sudah
ditetapkan perusahaan.
Perpustakaan Digital ITB