Di tahun 2018 dengan pertambahan usia produktif maka tenaga kerja yang
dibutuhkan juga bertambah dari 5% menjadi 8% untuk semua sector industri. Tetapi
tidak cukup dengan hanya mengisi kebutuhan tenaga kerja, perusahaan pun harus
mempertimbangkan kualitas dari usia produktif tersebut. Sekarang kita memasuki
era digital 4.0 dimana kebanyakan perusahaan pasti membutuhkan tenaga kerja
yang mengerti dan memahami betul mengenai technology yang sudah maju. Jadi,
SDM yang kompeten adalah kunci daya saing industri Indonesia terutama di era 4.0
ini.
PT RM adalah salah satu dari 20 perushaan rekruitment konsultan yang sangat
mengerti mengenai pertumbuhan tenaga kerja dalam bidang IT dan yang lainnya.
Dengan ini meraka mempunyai keuntungan dalam berbisnis di era digital 4.0.
Tetapi di tahun 2019 PT RM malah mengalami penurunan kinerja padahal usia
produktif semakin meningkat. PT RM adalah salah satu rekruitment consultant
yang sudah terkenal dan memiliki database serta pengetahuan mengenai kebutuh
tenaga kerja di era digital 4.0. Setelah di lakukan pra-wawancara dengan pegawai
PT RM ternyata permasalahan berada di kepuasan pegawai dan juga kepuasan dari
pihak pelanggan. Hasil evaluasi kepuasan karyawan dan pelanggan, loyalitas
pelanggan, dan kinerja yang dilakukan dalam penelitian ini digunakan untuk
mengetahui akar penyebab, hubungan antar masing-masing variabel, dan
menemukan solusi yang dapat diterapkan oleh PT RM.
Dari hasil penelitian terhadap 30 responden melalui google form (Online survey)
ditemukan bahwa semua variable saling berpengaruh. Dengan ?
98% yang
menandakan jika penelitian ini termasuk dalam golongan “Good”. Dengan
penelitian ini pula bahwa solusi yang diusulkan untuk PT RM adalah HygieneFactor
program
dan Motivation program yang berasal dari “Two-Factor Theory”
by Herzberg’s
Perpustakaan Digital ITB