digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Rendy Surjana
PUBLIC Alice Diniarti

COVER Rendy Surjana
PUBLIC Alice Diniarti

BAB 1 Rendy Surjana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Rendy Surjana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Rendy Surjana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Rendy Surjana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Rendy Surjana
Terbatas  Alice Diniarti
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 6 Rendy Surjana
PUBLIC Alice Diniarti

PUSTAKA Rendy Surjana
PUBLIC Alice Diniarti

Daging sapi merupakan salah satu bahan makanan pokok penyuplai kandungan protein yang sangat dibutuhkan tubuh manusia. Tingginya jumlah populasi masyarakat di Indonesia khususnya kota Bandung menjadi potensi luar biasa besar bagi perusahaan-perusahaan yang memasok daging sapi baik lokal maupun impor. Tingkat konsumsi masyarakat lokal yang tinggi tidak mampu dipenuhi oleh suplai produk daging sapi dalam negeri, oleh sebab itu selalu ada peluang bisnis daging sapi impor di pasar Indonesia. Potensi pasar yang begitu besar menjadi daya tarik hebat bagi banyak orang sehingga bermunculan pengusaha-pengusaha daging sapi baru di pasar. Persaingan dalam mendapatkan market share di pasar terus meningkat. PT Global Boga Sukses merupakan salah satu perusahaan yang menyuplai khusus daging sapi impor yang saat ini menyasar pangsa pasar hotel, restoran, dan kafe. Untuk dapat menarik konsumen, para penjual daging sapi saling bersaing dalam harga, kualitas, maupun iklan. Oleh karena itulah PT Global Boga Sukses harus merancang strategi pemasaran untuk dapat terus memiliki daya saing dan survive di pasar dengan cara meningkatkan penjualan. Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan masukan kepada PT Global Boga Sukses terkait program pemasaran berdasarkan karateristik ataupun preferensi pasar. Model yang digunakan peneliti untuk menyelesasikan persoalan pada penelitian ini adalah konsep pemasaran segmenting dan targeting, dengan menggunakan model bauran pemasaran 7P yaitu Product, Price, Promotion, Place, People, Process, Physical Evidence . Langkah awal dalam penelitian ini adalah menentukan faktor-faktor penting yang menentukan seseorang berbelanja daging sapi melalui analisis faktor. Selanjutnya dilakukan segmentasi pasar menggunakan analisis cluster, menghubungkan antara profil responden dengan segmentasi pasar terbentuk dengan cara cross tabulation. Dari rangkaian analisis yang dilakukan teridentifikasi sebanyak 4 buah segmen pasar dengan karakteristik berbeda-beda untuk selanjutnya bersama dengan PT GBS menentukan segmen pasar sasaran sesuai pada evaluasi masing-masing segmen.