digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Oliver?s Hostelry adalah salah satu unit bisnis dari grup Maja. Oliver?s adalah hotel tematik di Bandung yang menawarkan konsep baru dari sebuah layanan akomodasi. Oliver?s menyediakan ruangan dengan design yang unik pada setiap ruangannya. Sejak dibuka pada September 2015, Oliver?s Hostelry menghadapi masalah yaitu tidak bisa mencapai minimum okupansi 40% pada hari kerja sedangkan rata-rata okupansi hotel kota Bandung mencapai 48.44 percent. Tidak ditemukan masalah pada divisi lain kecuali pada divisi pemasaran. Untuk menyelesaikan masalah, penulis menggunakan analisis internal, analisis external, analisis SWOT, dan analisis root cause. Analisis internal terdiri dari analisis STP dan analisis bauran pemasaran. Analisis external terdiri dari analisis PEST, Porter 5 Forces, dan analisis pesaing. Analisis TOWS digunakan untuk memetakan solusi dengan cara mengkombinasikan setiap bagian dari SWOT. Penulis menemukan tiga solusi yaitu kampanye media sosial yang komprehensive, promosi penjualan, dan penelitian pengembangan. Tiga solusi ini yang akan dikombinasikan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh Oliver?s. Seluruh startegi akan dilaksanakan pada bulan Januari hingga Juni 2018. Diawali dengan menyebarkan informasi mengenai Kota Bandung, melakukan pemotretan yang terjadwal, melakukan kampanye periklanan di media sosial, membuat promosi paket produk, memberikan promosi discount, membuat promosi hari-hari besar dan hari nasional, melakukan penelitian dan pengembangan makanan dan minuman, dan yang terakhir adalah melakukan penelitian dan pengembangan produk dan program.