Article Details

USULAN STRATEGI PEMASARAN OMNICHANNEL UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA NEW MARKET (A CASE STUDY OF ZINUS)

Oleh   Chae Hea Seong [29318701]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr. Asnan Furinto, S.T., MBA;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : SBM - Administrasi Bisnis
Fakultas : Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM)
Subjek :
Kata Kunci : PESTEL, Competitor Analysis, SWOT, STP, Value Proposition Analysis, Omnichannel Marketing Strategy
Sumber :
Staf Input/Edit : Roosalina Vanina Viyazza  
File : 1 file
Tanggal Input : 2020-03-13 16:25:37

Zinus, perusahaan kasur online No.1 di US, dengan penawaran teknologi inovatif dan fokus pada e-commerce, perusahaan telah memperoleh pertumbuhan penjualan yang tinggi sejak 2014 dan terus berkembang pesat bersama pasar e-commerce. Zinus tidak hanya menetapkan lokasi produksinya di Indonesia, tetapi sekarang menyasar perluasan model bisnis dan pasar regional yang sukses ke Indonesia. Tugas akhir ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengusulkan strategi jalur pemasaran untuk Zinus dalam rangka meningkatkan kemampuan konsumen dalam mengenali merk tersebut di pasar baru, yaitu Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data primer dari wawancara mendalam, survei, observasi yang dilakukan melalui kegiatan magang dan data sekunder digunakan untuk mengeksplorasi lingkungan bisnis internal dan eksternal melalui analisis PESTEL, analisis pesaing, analisis SWOT. Dan kanvas proposisi nilai dan Omnichannel digunakan untuk perumusan strategi. Berdasarkan temuan dari eksplorasi bisnis dan analisis STP, target pasar diusulkan; kelas menengah ke atas, dewasa dan generasi millennial yang tinggal di daerah perkotaan. Kemudian, strategi pemasaran untuk meningkatkan kemampuan konsumen dalam mengenali merk di pasar baru diusulkan menggunakan pendekatan pemasaran Omnichannel, untuk mengembangkan komunikasi pemasaran ke semua jalur dan membangun jalur distribusi yang sesuai dengan segmen pasar target di Indonesia.

Cari