Di era globalisasi seperti saat ini, Bahasa inggris telah menjadi Bahasa yang penting. Kesadaran masyarakat terhadap Bahasa Inggris telah berkembang. Osbert English Club adalah organisasi Pendidikan yang berfokus kepada Pendidikan Bahasa Inggris berupa kursus. Misi dari Osbert adalah untuk mempertemukan orang-orang yang tertarik terhadap Bahasa Inggris untuk menciptakan lingkungan berbahasa Inggris dengan harga yang relatif terjangkau. Penurunan penjualan Osbert telah terjadi di beberapa bulan tertentu, hal tersebut diikuti oleh beberapa masalah: beberapa kelas terpaksa tidak dibuka karena jumlah siswa yang mendaftar tidak memenuhi batas minimal sehingga beberapa guru tidak mendapatkan pekerjaannya untuk mengajar.
Terdapat beberapa inovasi terhadap model bisnis yang dimiliki Osbert English Club yaitu dengan menambahkan sumber pendapatan baru yaitu program private Bahasa Inggris. Metode inovasi tersebut terbagi menjadi tiga tahap: menemukan pasar, mengimplementasikan bisnis model yang telah dibuat, dan membangun program. Beberapa analisis telah dilakukan seperti mendiagnosa isu bisnis, mengidentifikasi kebutuhan konsumen, mendesain model bisnis baru, dan mengevaluasi model bisnis.
Terdapat beberapa kebutuhan konsumen terhadap kursus Bahasa inggris: kelas dengan materi yang dapat dipersonalisasi, program private, dan pembelajaran online. Private program Bahasa inggris dipilih sebagai pemenuhan kebuuhan konsumen dan diharapkan mampu menjadi solusi dari isu bisnis. Setelah tes market dilakukan, terhapat beberapa kesimpulan: bisnis model yang diusulkan mampu menghasilkan profit dan beberapa guru mendapatkan pekerjaannya untuk mengajar. Dapat disimpulkan bahwa bisnis model yang diusulkan dapat menjadi solusi untuk isu bisnis dari Osbert.
Perpustakaan Digital ITB