digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Aviseno Kholid
Terbatas Rina Kania
» ITB

BAB 1 Aviseno Kholid
Terbatas Rina Kania
» ITB

BAB 2 Aviseno Kholid
Terbatas Rina Kania
» ITB

BAB 3 Aviseno Kholid
Terbatas Rina Kania
» ITB

BAB 4 Aviseno Kholid
Terbatas Rina Kania
» ITB

BAB 5 Aviseno Kholid
Terbatas Rina Kania
» ITB

DAFTAR Aviseno Kholid
Terbatas Rina Kania
» ITB

Bus listrik merupakan suatu jenis transportasi yang ramah lingkungan dan dapat menghemat penggunaan bahan bakar fosil. Namun, penggunaan bus listrik masih jarang digunakan karena motor listrik yang digunakan pada bus listrik sulit untuk dikontrol dan banyak daya yang terbuang. Oleh karena itu, pada penelitian ini, akan digunakan pengontrol PID dan logika Fuzzy yang dapat mengontrol kecepatan bus listrik dan akan menghemat penggunaan dayanya. Pengujian motor listrik bus listrik pada penelitian ini menggunakan sebuah metode simulasi Hardware in the loop simulation (HILS). HILS merupakan suatu metode yang dapat menggantikan objek uji sebenarnya menjadi objek uji yang lebih kecil namun dapat merepresentasikan objek uji yang sebenarnya. Dalam penelitian ini, motor listrik bus diwakili oleh motor listrik AC tiga fasa dengan tegangan maksimum 220V. Dinamika bus disimulasi pada perangkat Rasberry Pi. Pengontrol PID dijadikan sebagai pengontrol utama yang berfungsi supaya output yang diberikan sesuai dengan input yang diinginkan. Pengontrol Fuzzy tambahan digunakan sebagai pengontrol untuk menghaluskan respon output dan mengkompensasi perubahan beban (penumpang dan perubahan jalan). Selanjutnya beberapa simulasi uji coba dijalankan. Simulasi dilakukan dengan menggunakan 3 asumsi (bus kosong, bus setengah, dan bus penuh) yang diuji dengan mengubah kecepatan dan mengubah beban, kemudian didapat bahwa hasil root mean square error (RMSE) mengecil diantara 3-24% dan daya motor bisa lebih hemat antara 0.2-4%.