Sistem pendidikan formal di Indonesia dewasa ini menggunakan metode yang kurang
mengembangkan kepribadian, kreativitas, serta akhlak siswa. Sekolah Alam menawarkan konsep
pendidikan yang dekat dengan alam, dengan metode pendidikan yang berfokus pada pengembangan
kepribadian, akhlak dan kreativitas siswa. Sentul City berusaha mewujudkan sebuah fasilitas sekolah
bertaraf Internasional yang selaras dengan lingkungan alam dengan mengalokasikan sebuah lahan
untuk dibangun menjadi salah satu sarana pendidikan bertemakan alam, yang kemudian akan
dibangun menjadi Sekolah Alam Sentul City, Bogor. Lokasi lahan berada di distrik Karangtengah Valley,
dengan kontur lahan yang sangat bervariasi, yang merupakan potensi sekaligus permasalahan yang
harus diselesaikan dalam perancangan. Perancangan dilakukan dengan merancang ruang-ruang yang
dapat mendukung kegiatan belajar mengajar secara maksimal, baik ruang luar maupun ruang-ruang
dalam, dengan mempelajari kondisi tapak secara mendalam dan menganalisis metode pendidikan
Sekolah Alam dan mengidentifikasi kebutuhan ruang yang diperlukan.
Konsep perancangan yang diambil adalah Harmoni Perbedaan dalam Kesamaan. Kata Harmoni
diwujudkan dalam penataan lansekap yang sebisa mungkin dirancang selaras dengan lingkungan alam
setempat, penggunaan material yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, serta penataan massa yang
saling diintegrasikan satu sama lain. Konsep Perbedaan dalam Kesamaan merupakan perwujudan
perancangan ruang-ruang belajar yang dirancang memberikan suasana belajar yang kondusif, namun
memiliki variasi yang dapat merangsang sensori siswa dan mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar
di dalam maupun di luar ruangan.