Sampah adalah limbah material yang tidak diinginkan atau dibuang karena tidak lagi digunakan. PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta memiliki tanggung jawab sosial dalam mengelola sampah yang dihasilkan di lingkungan Bandara Soekarno-Hatta. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa pengelolaan sampah yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura II (Persero) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Penanganan eksisting terhadap sampah yang ada dilakukan dengan mengangkutnya langsung ke Tempat Pembuangan Akhir di Karawang. Metode ini mengakibatkan biaya yang tidak pasti dan cenderung naik in line dengan pertumbuhan penumpang setiap tahunnya.
Penelitian ini menggunakan metodologi Six Sigma DMAIC untuk produk atau proses yang sudah ada. Analisa data dan wawancara dilakukan untuk mengetahui isu bisnis perusahaan dan usulan solusi yang ditawarkan. Analisis lebih lanjut tentang masalah bisnis dilakukan dengan diagram Swimlane yang berguna unutk memecah setiap proses pengelolaan sampah di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.
Penelitian ini mengusulkan alternatif solusi yaitu, (1) merubah proses pembuangan langsung sampah yang ada dengan memprosesnya terlebih dahulu dengan metode 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) terhadap sampah yang memiliki nilai ekonomis, (2) membuat Tempat Pembuangan Sementara sampah sebagai tempat mengolah sampah (3) memiliki alat pengolahan sampah yang memadai.
Perpustakaan Digital ITB