Akses media social membuat seluruh masyarakat bisa mendapatkan dan membagikan berbagai informasi dengan mudah secara actual dan factual. Media sosial sangat berdampak pada pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis mereka. Brand image perusahaan dapat terbentuk dari aktifitas dan konten di social media. Para pelanggan cenderung menjadikan brand image sebagai suatu referensi sebelum melakukan pembelian produk.
Save My Monday (SMM) adalah suatu brand fashion yang memanfaatkan media sosial sebagai media utama dalam menciptakan brand image yang tangguh bagi para pria dengan menggunakan produk mereka. Namun, setelah menjalankan proses bisnisnya selama tiga tahun, ditemukan bahwa produk SMM yang dikhususkan untuk pria juga ikut digunakan oleh wanita. Melihat adanya peluang di segmen wanita, membuat SMM perlu mengetahui bagaimana Brand Image SMM berpengaruh terhadap Purchase Intention pelanggan wanita.
Penelitian ini menggunakan metode Explanatory Survey untuk menganalisi bagaimana Brand Image dapat mempengaruhi Purchase Intention. Metode ini diolah menggunakan analisis jalur dengan bantuan aplikasi Smart PLS 3.0 untuk melihat seberapa besar Brand Image mempengaruhi Purchase Intention dari dimensi hingga indikator pengukurannya.
Dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa Brand Image memberikan dampak yang signifikan sebesar 90,9% terhadap Purchase Intention dan dimensi Brand Image yang paling berpangaruh adalah sensualitas. Berdasarkan tanggapan responden, mereka merasa SMM memiliki display Instagram feed yang sangat baik. Warna dan konten yang diberikan memberikan kesan yang autentik. Begitupun dengan website SMM yang memberikan desain yang cukup menarik di mata konsumen. Dari segi produk, menurut para pelanggan wanita, mereka sangat nyaman dan puas ketika mengenakan produk SMM karena kualitas produk yang baik.
Berdasarkan hasil penelitian, SMM direkomendasikan untuk menggunakan strategi diferensiasi-New Product Development. Strategi ini dilakukan melaui delapan tahapan, Idea Generation, Idea Screening, Concept Development and Testing, Marketing Strategy Development, Business Analysis, Product Development, Market Testing, and Commercialization. Untuk menargetkan pasar wanita, SMM perlu menciptakan produk yang sesuai dengan Brand Image pelanggan wanita seperti desain produk, ukuran, serta harga.
Perpustakaan Digital ITB