digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT Angkasa Pura II (Persero) atau PT AP II adalah Badan Usaha Milik Negara bergerak di bidang jasa bandar udara dan layanan terkait kebandarudaraan di Indonesia. PT AP II mengelola dua segmen bisnis, yaitu bisnis aeronautika dan bisnis non aeronautika. Secara umum, sektor aeronautika memiliki kinerja yang lebih baik dari sektor non-aeronautika terutama dari segi produksi atau volume penjualan. Pada tahun 2017, PT AP II membentuk unit khusus yang menangani pengelolaan kegiatan komersialisasi di PT AP II yaitu Divisi Komersial, dimana sebelumnya pengelolaan komersial ditangani oleh kantor-kantor cabang. Pada penelitian ini, penulis melakukan analisis dan eksplorasi terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Divisi Komersial sebagai unit yang bertanggung jawab dalam mencapai target pendapatan perusahaan, khususnya pada sektor non aeronautika. Terdapat tiga isu bisnis utama yang diperoleh yaitu proses bisnis yang kurang efektif dan efisien, proses renovasi ruangan yang dilakukan oleh mitra usaha kurang terorganisasi dengan baik, dan proses bisnis masih menggunakan manual yang dapat menyebabkan proses yang dilakukan menjadi kurang efektif dan efisien. Berdasarkan analisis dan eksplorasi, terdapat beberapa beberapa solusi bisnis alternatif yang diusulkan untuk mengatasi isu bisnis yang ada yaitu konsep Layanan Satu Pintu Divisi Komersial, Transformasi Digital di Divisi Komersial, dan kombinasi kedua solusi bisnis alternatif. Di antara alternatif-alternatif tersebut, Transformasi Digital di Divisi Komersial adalah prioritas terbaik untuk dilakukan di Divisi Komersial. Prioritas solusi bisnis yang diusulkan adalah dengan melakukan transformasi digital di Divisi Komersial dengan manfaat yaitu waktu pelaksanaan program relatif lebih singkat dibandingkan dengan alternatif lainnya, biaya yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi, memberikan nilai tambah bagi calon mitra usaha, dan memberikan pengaruh yang baik bagi proses bisnis pada manajemen Divisi Komersial.