digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT. Sedulur Guyub Rukun adalah perusahaan yang bergerak di bidang perumahan, konstruksi dan penyediaan bahan bangunan, dengan bisnis utama sebagai developer perumahan yaitu Jombang Citra Raya. Produk utama perusahaan adalah rumah kelas premium. Pada tahun- tahun sebelumnya, perusahaan mengalami penurunan penjualan produk karena strategi pemasaran perusahaan berkinerja buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi penurunan penjualan dan untuk menemukan akar masalah yang menyebabkan masalah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Metode penelitian digunakan untuk menemukan masalah dalam perusahaan ini dari analisis internal dan eksternal. Analisis internal dimulai dari analisis Marketing mix (4P), analisis STP (Segmenting, Targeting, Positioning). Analisis wawancara, sedangkan untuk analisis eksternal. Menggunakan Five Porter’s Forces, Analisis pesaing dan kuesioner untuk target pasar. Fishbone diagram digunakan untuk menggambarkan masalah utama dalam rendahnya keputusan pembelian oleh pelanggan untuk membeli produk perusahaan. Masalah utama yang menyebabkan penurunan penjualan di perusahaan sehingga tidak dapat menarik target pasar dalam membeli produk dengan strategi pemasaran yang ada, studi ini akan memberikan solusi dalam bentuk strategi pemasaran baru dan IMC (Integrated Marketing Communication) untuk meningkatkan keputusan pembeli. Temuan menunjukkan bahwa faktor yang paling signifikan untuk mempengaruhi pelanggan untuk membeli rumah adalah produk dan faktor yang paling tidak signifikan adalah harga. Temuan ini digunakan untuk merumuskan sebagai konten untuk strategi pemasaran baru dan rencana IMC. Strategi yang diusulkan dapat meningkatkan keputusan pembeli dan penjualan perusahaan, implementasi untuk strategi pemasaran dalam penelitian ini dinyatakan dalam rencana jadwal waktu, manajemen risiko dan rencana anggaran.