Pos Indonesia adalah perusahaan pengiriman surat dan barang sebagai bisnis utamanya yang memiliki kantor layanan yang mencakup seluruh wilayah Indonesia. Perkembangan kemajuan teknologi, peningkatan pertumbuhan e-commerce dan persaingan intensif dalam bisnis kurir dan logistik saat ini berdampak pada bisnis utama perusahaan, sehingga untuk tetap bertahan dalam persaingan bisnis perusahaan ingin menerapkan transformasi sistem SDM digital sebagaimana dinyatakan dalam visi besar organisasi "Menjadi raksasa logistik pos dari timur" . Aplikasi transformasi digital memiliki pertanyaan apakah kompetensi karyawan kini siap menghadapi perubahan saat ini. Oleh karena itu, penelitian ini akan menganalisis kesiapan penerapan transformasi digital yang saat ini dimiliki perusahaan untuk menerapkan sistem transformasi digital SDM.
Penelitian ini menggunakan mixed method research model; dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada karyawan yang menjadi responden dan wawancara melalui sambungan telepon dengan key person di kantor Pos Indonesia. Kedua proses analisa ini dilakukan dengan berdasarkan HCM Maturity dan Organizational Agility Method. Kerangka ini menjelaskan mengenai 5 dimensi HCM Maturity dan 3 dimensi Organizational Agility yang harus dimiliki oleh perusahaan dalam penerapan transformasi HR digital.
Berdasarkan hasil survei, terungkap bahwa ada 2 dimensi di bagian bawah masing- masing variabel, yaitu Optimasi Tenaga Kerja dan Agility Peningkatan Struktur di sub-dimensi Struktur Fleksibel. Wawancara dilakukan untuk mengkonfirmasi kondisi saat ini di perusahaan, sehingga rekomendasi diberikan berdasarkan survei dan hasil wawancara seperti mendesain ulang tata ruang kerja, menerapkan sistem manajemen pengetahuan, pembinaan dari para pemimpin senior, meningkatkan keterampilan karyawan. Pada akhirnya, penerapan sistem digitalisasi SDM dapat terjadi pada tahun berikutnya.
Perpustakaan Digital ITB