digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Indonesia sebuah negara yang berlokasi di dalam sabuk kopi yang juga memproduksi kopi dengan berbagai karakteristik. Karenanya, Indonesia menjadi negara produsen kopi ke empat terbesar di dunia. Tingginya angka produksi kopi di Indonesia tidak sebanding dengan penghasilan yang roastery dapatkan karena konsumsi kopi di Indonesia masih didominasi oleh kopi komersial atau kopi dengan kualitas rendah. Untuk meningkatkan penghasilan roastery kopi dapat dilakukan dengan meningkatkan konsumsi kopi berkualitas tinggi atau yang disebut dengan kopi spesialti. Namun begitu, tingkat konsumsi kopi spesialti Indonesia masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan industri kopi spesialti, preferensi rasa peminum kopi di Indonesia, dan untuk menemukan strategi marketing yang tepat untuk meningkatkan konsumsi kopi spesialti Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah blind cupping sebagai data primer dan tinjauan literatur sebagai data sekunder. Yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis masalah tersebut, analisis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis internal dan eksternal. Analisis internal terdiri dari STP Analysis, Marketing Mix Analysis, dan Business Process Analyis. Sementara, analisis eksternal terdiri dari PESTEL Analysis, Porter’s Five Forces Analysis, Customer Analysis, dan Stakeholder Analysis. Analisis tersebut akan menjelaskan penyebab utama rendahnya pengetahuan konsumen mengenai kopi spesialti Indonesia, ketidaksetaraan pengetahuan di antara para roastery, dan kurangnya kolaborasi antara pemangku kepentingan. Program strategi marketing yang digunakan dalam penelitian ini berorentasi pada pengembangan kolaboratif yang dapat mendorong pemangku kepentingan untuk menciptakan nilai pengalaman yang melibatkan konsumen agar dapat menstimulus pengetahuan dan ketertarikan konsumen untuk mengeksplorasi lebih jauh mengenai kopi spesialti Indonesia. Kolaborasi antara pemangku kepentingan juga dapat meningkatkan pengetahuan di antara para roastery kopi.