digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PT Sinar Inti Panel (SIP) adalah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur insulasi sandwich panel, sebuah material dengan teknologi yang relative baru di Indonesia. Thesis ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemain kunci dan keputusan utama dalam adopsi sandwich panel di industry rumah sakit. Dengan harapan thesis ini dapat memberikan wawasan untuk menciptakan dan dapat secara aplikatif diterapkan sebagai strategi pemasaran yang terbaik untuk menembus pasar rumah sakit, secara spesifik untuk kebutuhan penggunaan sandwich panel. Sandwich panel adalah industri yang relatif baru di Indonesia. Sinar Inti Panel merupakan pemain baru dalam industri tersebut dan berhasil melipatgandakan pendapatan tahunan mereka dalam beberapa tahun terakhir. Dengan tiga produk: EPS, PUR, PIR, SIP memenuhi kebutuhan konstruksi untuk industri F&B dan farmasi. Top menejemen dari SIP menargetkan industri rumah sakit sebagai bagian dari market mereka. Dalam pertimbangan apakah pasar rumah sakit merupakan industri yang potensial atau tidak, thesis ini harus melakukan kajian mendalam pada market rumah sakit dan market yang sudah ada sebagai perbandingan. Dari hasil kajian apakah rumah sakit merupakan industri yang potensial bagi industri sandwich panel, industri rumah sakit sangat awam akan teknologi sandwich panel. SIP menghadapi masalah baru untuk diselesaikan, bagaimana membuat industri rumah sakit menggunakan sandwich panel ketimbang material konvensional. Dengan Analisis TAM, SIP berharap dapat menentukan pemain kunci untuk industri rumah sakit dan dengan menggunakan variable-variabel dari TAM untuk mendapatkan nilai kunci dari pertimbangan mereka dalam menentukan untuk membeli sandwich panel untuk memenuhi kebutuhan mereka. Thesis ini menggunakan metoda kuantitatif dan kualitatif melalui metoda wawancara dan kuisioner yang disebarkan kepada pelanggan dari SIP, baik pengguna dari kalangan rumah sakit dan non-rumah sakit. Adapun topik dari wawancara dan kuisioner dimaksudkan untuk mengambil sebuah kesimpulan/metoda tentang bagaimana sebuah rumah sakit/ industri sandwich panel menentukan kebijakan pembelian dan melakukan proses pembelian mereka. Melalui analisa PEST, analisa SWOT, analisa TAM, analisa kompetitor, dan analisa kustomer, thesis ini melakukan analisa secara internal dan external di lingkungan SIP. Hasil dari Analisa tersebut kemudian dirangkum dalam sebuah matriks TOWS dan menghasilkan strategi-strategi marketing yang dapat diaplikasikan dalam lingkungan SIP dan dieksekusi para eksekutifnya.