Indonesia memiliki lebih dari 58 juta bisnis yang tersebar di seluruh negeri. Salah satu industri
dari bisnis yang ada adalah bisnis fashion dan aksesoris. Industri fashion dan aksesoris adalah
bisnis yang sangat kompetitif. Tidak hanya harus bersaing dengan bisnis lokal lainnya, tetapi
juga dengan begitu banyak merek internasional, baik dengan perusahaan besar atau bahkan
kecil. Agar suatu bisnis dapat bersaing satu sama lain dan menonjol dari persaingan,
perusahaan perlu merumuskan strategi positioning untuk mereknya. Menerapkan strategi
positioning, dapat membantu bisnis untuk mendominasi pasar dan memastikan bahwa bisnis
memberikan pesan yang jelas kepada pasarnya. Ada dua strategi positioning merek yang diuji
dalam penelitian ini, strategi positioning simbolis dan fungsional. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui persepsi orang tentang merek jam tangan tertentu dan menggunakan
informasi tersebut untuk membantu membangun strategi pemasaran untuk merek Tribute
Watch. Data yang dikumpulkan melalui kuesioner dianalisis menggunakan Multidimensional
Scaling (MDS) untuk memetakan persepsi terhadap Tribute Watch dan merek pesaingnya.
Selanjutnya, analisis Faktor dilakukan untuk membantu memahami variabel dari peta persepsi.
Hasil dari penelitian ini adalah Tribute Watch memiliki kesamaan dengan Roodolph Watch
sebagai pesaing langsungnya, sementara itu Parlént, Timex, dan Casio berada di kuadran
berbeda dalam hasil MDS. Oleh karena itu, pemetaan persepsi ini dapat digunakan untuk
merumuskan strategi dan membantu Tribute Watch untuk merumuskan strategi yang
diperlukan untuk menumbuhkan bisnis dan memberikan posisi yang jelas di pasar untuk bisnis
Perpustakaan Digital ITB