digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penumpukan sampah di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya terutama di daerah perairan Indonesia seperti sungai dan laut. Tumpukan sampah ini menimbulkan beberapa macam penyakit dan bencana lain seperti banjir yang jugamenyebabkan rusaknya beberapa infrastruktur. Untuk menanganinya, dibutuhkan alat berat berupa excavator amfibius, karena merupakan excavator yang bisa beroperasi dalam medan perairan. Excavator amfibi yang dijual di Indonesia masih terbilang sedikit, adapun produk yang di jual di Indonesia merupakan produk impor. PT. XYZ merupakan salah satu perusahaan yang baru-baru ini melakukan difersifikasi bisnis dan mulai menjalankan bisnis baru sebagai manufaktur dari excavator amfibius. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa apakah pemilihan bisnis, penerapan strategi bisnis, serta sumber daya yang dimiliki oleh PT. XYZ sudah sesuai untuk menjalankan bisnis ini, serta sesuai dengan apa yang diharapkan oleh para kostumer. Kondisi perusahaan PT. XYZ dalam menjalankan bisnis excavator amfibi saat ini, akan dibandingkan dengan rumusan pemilihan bisnis, penerapan strategi bisnis, serta kebutuhan sumber daya perusahaan yang penulis susun dalam penelitian ini, sehingga dapat menghasilkan solusi terbaik untuk di aplikasikan pada perusahaan PT. XYZ. Solusi yang diusulkan berupa masukan tambahan bagi strategi milik PT. XYZ yang sudah ada, dan juga berupa strategi baru untuk melakukan manuver bisnis sebagai sebuah solusi bagi PT. XYZ dalam menjalankan bisnis excavator amfibius ini. Strategi manuver juga digunakan untuk menghadapi perusahaan-perusahaan lain yang sudah lebih dahulu menjalankan bisnis ini. Strategi manuver yang dilakukan berupa sebuah serangan untuk bisa berhadapan langsung dengan pemimpin pasar pada bisnis excavator amfibius ini.