digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2019_TS_PP_NESSA_VIDYA_RANI_1-ABSTRAK.pdf
PUBLIC Lili Sawaludin Mulyadi

Penelitian mengenai pengembangan prinsip manajemen mutu pengelolaan air limbah domestik melalui evaluasi kinerja sistem penyaluran dan instalasi pengolahan air limbah (studi kasus perusahaan daerah air minum X Kota Bandung telah dilakukan. Permasalahan yang dihadapi dalam pengelolaan air limbah domestik di Kota Bandung salah satunya adalah Kinerja IPAL Bojongsoang belum optimal, hal ini memengaruhi proses dan kualitas air hasil pengolahan yang dibuang ke badan air penerima sehingga perlu adanya kajian evaluasi diri (self evaluation) pada sumber daya manusia dan prosedur operasional standar unit-unit proses pengoperasian pengolahan air limbah domestik PDAM X Divisi Air Limbah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengoperasian dan penyelenggaraan instalasi pengolahan air limbah PDAM X Kota Bandung dan mengevaluasi organisasi, kebijakan dan peraturan dalam penyelenggaraan IPAL X. Penelitian menggunakan desain survey deskriptif yang dilakukan pada pegawai PDAM X Divisi Air Limbah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara pada operator IPAL X dan observasi lapangan. Data yang diperoleh dianalisis dengan Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PDAM X Kota Bandung Divisi Air Limbah memiliki Standard Operating Procedure (SOP) untuk pengoperasian unit instalasi pegolahan air limbah yang diterbitkan pada tahun 2008. Adanya ketidaksesuaian antara SOP dengan kegiatan pekerja di unit operasional dan hasil uji kualitas air buangan IPAL X tidak sesuai dengan baku mutu yang ditetapkan pemerintah. Perbaikan manajemen operasional dapat dilakukan dengan membuat desain sistem manajemen mutu sesuai dengan kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.