Article Details

PERANCANGAN JARINGAN JALUR PEJALAN KAKI PADA KAWASAN BERORIENTASI TRANSIT DI BLOK M JAKARTA

Oleh   Devi Soraya [25613002]
Kontributor / Dosen Pembimbing : Dr.-Ing. Ir. Heru W. Poerbo, MURP;Dr.-Ing. Ir. Himasari Hanan, MAE;
Jenis Koleksi : S2 - Tesis
Penerbit : SAPPK - Rancang Kota
Fakultas : Sekolah Arsitektur, Perencanaan dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK)
Subjek : Area planning
Sumber :
Staf Input/Edit : suwadji   Ena Sukmana
File : 7 file
Tanggal Input : 2019-01-11 08:19:48

Kawasan Blok M dikenal sebagai kawasan transit dan perdagangan sejak berpuluh tahun lalu. Kini perannya sebagai fasilitas intermoda dilengkapi dengan stasiun MRT di samping terminal bus. Sebagai kawasan yang ramai pengunjung, sayangnya kondisi infrastruktur bagi pejalan kaki belum memenuhi standar kelayakan dan kenyamanan. Akibatnya, kawasan Blok M dipenuhi oleh kendaraan bermotor, dan mayoritas pengunjung berfokus pada pusat perbelanjaan gedung yang berorientasi ke dalam, dengan ruang jalan hanya menjadi tempat perlintasan yang tidak berkesan, dan kehidupan di kawasan terputus antara satu bangunan dengan bangunan lain. Perancangan jejaring jalur pejalan dilakukan dengan pendekatan pola pergerakan pejalan kaki dan aktivitas di antaranya. Sasaran yang hendak dicapai dari perancangan adalah kelancaran aktivitas transit dan meningkat secara merata aktivitas ekonomi pada kawasan, juga terjalin interaksi pada ruang terbuka publik, termasuk ruang jalan. Jejaring jalur pejalan kaki berperan sebagai pengikat agar tercapai sinergi antara peran kawasan sebagai kawasan transit, komersial, dan pusat berkumpul. Dengan menciptakan sekuens dari beragam tipe jalur pejalan kaki, didapatkan beragam suasana ruang serta bermacam ruang interaksi publik.