Di Indonesia, industri pariwisata menunjukkan pertumbuhan yang juga berdampak pada
industri travel online. Terdapat peningkatan pasar pada jumlah penumpang penerbangan
sebagaimana pula The International Air Transportation Association menyatakan bahwa
Indonesia akan menjadi salah satu dari lima negara yang memiliki peningkatan pasar
penumpang penerbangan pada tahun 2034. Agen travel online yang biasanya menawarkan jasa
pencarian serta reservasi tiket pesawat dan hotel, merupakan platform yang disukai.
Koperansel yang merupakan platform pencari tiket dan hotel murah masuk ke industri
agen travel online pada tahun 2016. Perusahaan tidak mampu untuk mencapai target setelah
tiga bulan dari launching versi beta. Sebagai perusahaan start up yang memiliki salah satu
tujuan untuk berkembang, Koperansel belum mampu menunjukkan perkembangan yang
signifikan. Hal tersebut mengindikasikan bahwa perusahaan belum dapat bersaing, padahal
industri agen travel online sedang berkembang di Indonesia. Kunci untuk dapat bersaing pada
sebuah perusahaan yang bergerak di pariwisata adalah pemasaran sebagai kunci dari aktivitas
ekonomi. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan agar dapat membantu perusahaan menetapkan
strategi pemasaran.
Penelitian ini menggunakan metode campuran yang menggunakan gabungan dari
metode kuantitatif dan kualitatif. Peneliti juga menggunakan data sekunder untuk mendukung
data primer sebagai dasar untuk menetapkan strategi. Peneliti menggunakan hasil data untuk
menganalisis konsumen, lingkungan internal dan lingkungan eksternal.
Setelah melakukan beberapa analisis, peneliti membuat rekomendasi mengenai
strategi pemasaran sebagai solusi dari permasalahan perusahaan. Peneliti mengajukan
perbaikan bauran pemasaran perusahaan, seperti: product, price, promotion,process, dan
physical evidence. Dengan demikian, perusahaan dapat melaksanakan bauran pemasaran yang
baru. Perusahaan di ekspektasikan dapat menyelesaikan pelaksanaan selama enam bulan.
Perpustakaan Digital ITB