digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Di Indonesia, industri pariwisata menunjukkan pertumbuhan yang juga berdampak pada industri travel online. Terdapat peningkatan pasar pada jumlah penumpang penerbangan sebagaimana pula The International Air Transportation Association menyatakan bahwa Indonesia akan menjadi salah satu dari lima negara yang memiliki peningkatan pasar penumpang penerbangan pada tahun 2034. Agen travel online yang biasanya menawarkan jasa pencarian serta reservasi tiket pesawat dan hotel, merupakan platform yang disukai. Koperansel yang merupakan platform pencari tiket dan hotel murah masuk ke industri agen travel online pada tahun 2016. Perusahaan tidak mampu untuk mencapai target setelah tiga bulan dari launching versi beta. Sebagai perusahaan start up yang memiliki salah satu tujuan untuk berkembang, Koperansel belum mampu menunjukkan perkembangan yang signifikan. Hal tersebut mengindikasikan bahwa perusahaan belum dapat bersaing, padahal industri agen travel online sedang berkembang di Indonesia. Kunci untuk dapat bersaing pada sebuah perusahaan yang bergerak di pariwisata adalah pemasaran sebagai kunci dari aktivitas ekonomi. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan agar dapat membantu perusahaan menetapkan strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode campuran yang menggunakan gabungan dari metode kuantitatif dan kualitatif. Peneliti juga menggunakan data sekunder untuk mendukung data primer sebagai dasar untuk menetapkan strategi. Peneliti menggunakan hasil data untuk menganalisis konsumen, lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Setelah melakukan beberapa analisis, peneliti membuat rekomendasi mengenai strategi pemasaran sebagai solusi dari permasalahan perusahaan. Peneliti mengajukan perbaikan bauran pemasaran perusahaan, seperti: product, price, promotion,process, dan physical evidence. Dengan demikian, perusahaan dapat melaksanakan bauran pemasaran yang baru. Perusahaan di ekspektasikan dapat menyelesaikan pelaksanaan selama enam bulan.