digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Cara penyampaian materi genetika oleh guru dinilai belum efektif. Kurangnya unsur storytelling di dalam pengajaran membuat siswa SMA merasa jenuh dan kesulitan. Genetika merupakan pelajaran yang bersifat abstrak dan tidak kasat mata. Tidak ada contoh nyata yang dekat dengan keseharian siswa tentang genetika. Siswa tidak dapat melihat wujud nyata DNA, gen, dan kromosom. Gambar pada buku pelajaran kerap tidak berwarna dan kurang jelas sehingga siswa tidak dapat menggambarkan dengan baik pelajaran ini. Gaya belajar di kelas masih tergolong sangat sederhana, belum ada inovasi. Pelajar akan cepat merasa bosan saat belajar genetika. Storytelling menjadi solusi tepat karena menarik dan efektif efisien. Salah satu media yang saat ini sedang berkembang yaitu virtual reality. Virtual reality menawarkan pengalaman imersi baru yang melibatkan pengguna baik secara ruang dan interaktif. Pelajar dapat belajar dengan hanya menggunakan head-mounted display dan smartphone. Media ini membuat informasi tersampaikan dengan lebih efektif dan lebih menyenangkan. Dengan adanya cerita di dalamnya, pelajar dapat belajar dengan contoh kasus nyata di kehidupan sehari-hari sehingga pelajaran dapat terserap dengan baik. Agar mudah diakses dan digunakan oleh siswa, maka dirancang sebuah aplikasi interactive storytelling pembelajaran genetika untuk siswa SMA kelas XII dengan memanfaatkan teknologi head-mounted display. Dalam menunjang proses perancangan, diperlukan beberapa tinjauan pustaka diantaranya yaitu tinjauan teori genetika, media pembelajaran interaktif, dan teknologi virtual reality (HMD). Data dan analisis didapat dari hasil wawancara, penyebaran kuesioner, studi pustaka, dan hasil penelitian yang sudah ada. Data yang dibutuhkan diantaranya data genetika, data virtual reality, data pedoman google cardboard, data konsep visual perancangan, dan data analisis konsep perancangan. Data kemudian dipilih sesuai kebutuhan lalu dianalisis berdasarkan teori hasil tinjauan pustaka. Hasil analisis digunakan sebagai acuan dalam perancangan media. Rancangan dapat diunduh di Google Playstore pada smartphone siswa dan dapat menjadi media penunjang guru saat menjelaskan di kelas, atau siswa dapat menggunakan aplikasi secara individu di rumah. Diharapkan rancangan dapat menjadi media interactive storytelling yang menarik guna menanggulangi kendala belajar genetika di kalangan siswa SMA kelas XII dengan memanfaatkan teknologi head-mounted display.