Saat ini, di Indonesia banyak dipraktikkan bisnis conversational commerce yang menggabungkan kegiatan bertukar pesan dan berbelanja online. Akan tetapi, berdasarkan observasi dan wawancara pengguna didapatkan bahwa rancangan pengalaman pengguna dan antarmuka dari perangkat lunak conversational commerce yang ada masih memiliki kekurangan. Oleh karena itu, pada penelitian tugas akhir ini, dikembangkan rancangan interaksi dan antarmuka yang tepat untuk conversational commerce dengan mempertimbangkan kekurangan dan kelebihan yang ditemui pada perangkat lunak yang sudah ada. Tujuan utama yang hendak dicapai dalam pelaksanaan tugas akhir ini adalah menghasilkan rancangan interaksi yang sesuai usability goal dan user experience yang ditetapkan untuk conversational commerce dengan menggunakan chatbot pada platform mobile khususnya untuk pengguna Indonesia.
Metode yang digunakan adalah metode user-centered design yang berfokus pada kebutuhan serta tujuan yang ingin dicapai pengguna. Perancangan interaksi dan antarmuka dilakukan berdasarkan beberapa usability goal dan user experience yang ditentukan, yaitu effective, efficient, easy to learn, safe to use, enjoyable, helpful. Hasil akhir dari tugas akhir ini adalah prototipe high-fidelity pada platform mobile yang dikembangkan dengan menggunakan React Native. Pengujian rancangan dilakukan dengan melakukan usability testing kepada target pengguna yang sesuai dengan persona yang sudah ditentukan. Hasil yang didapatkan menunjukan bahwa 100% pengguna berpendapat perangkat lunak sudah mencapai usability goal effective, efficient, dan easy to learn. 100% pengguna berpendapat perangkat lunak sudah memberikan user experience enjoyable dan helpful. Akan tetapi, hanya 83,3% pengguna berpendapat bahwa usability goal safe to use sudah tercapai.
Perpustakaan Digital ITB