Sistem penilaian kinerja telah menjadi topik yang dieksplorasi oleh banyak peneliti. Sebagian
besar perusahaan di Indonesia sudah menerapkan sistem penilaian dalam manajemen sumber
daya manusianya untuk mengendalikan kinerja karyawannya agar membawa hasil kinerja akan
muncul tujuan perusahaan. Namun, sistem penilaian kinerja karyawan yang tidak efektif yang
tidak dapat meningkatkan kinerja karyawan adalah salah satu alasan mengapa banyak peneliti
mengeksplorasi topik penilaian kinerja. Ada banyak jurnal dan makalah yang mengidentifikasi
hubungan antara sistem penilaian kinerja dan kinerja karyawan yang signifikan, bagaimana
perusahaan melakukan penilaian kinerja sehingga dapat mempengaruhi kinerja karyawan.
Dalam penelitian ini, penulis memfokuskan pada kasus nyata yang terjadi di PT Pertamina MOR
III. PT Pertamina telah menerapkan penilaian kinerja untuk meningkatkan kinerja karyawan dan
PT Pertamina adalah salah satu perusahaan di Indonesia yang memiliki kualitas kinerja tinggi.
Penulis mencoba mengeksplorasi apakah kualitas penilaian kinerja memiliki hubungan yang
signifikan dengan kinerja karyawan, dalam hal ini adalah kualitas penilaian kinerja apa yang
memiliki hubungan positif dengan kinerja karyawan di PT Pertamina MOR III.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas penilaian kinerja memiliki hubungan yang
signifikan terhadap kinerja karyawan, dan kualitas penilaian yang memiliki hubungan positif
dengan kinerja karyawan adalah Kesesuaian dengan Strategis dan Reliabilitas. Hasil penelitian
juga menunjukkan bahwa Reliabilitas dari sistem penilaian kinerja adalah kualitas yang memiliki
hubungan positif tertinggi dengan kinerja karyawan di PT Pertamina MOR III.
Perpustakaan Digital ITB