digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Sistem penilaian kinerja telah menjadi topik yang dieksplorasi oleh banyak peneliti. Sebagian besar perusahaan di Indonesia sudah menerapkan sistem penilaian dalam manajemen sumber daya manusianya untuk mengendalikan kinerja karyawannya agar membawa hasil kinerja akan muncul tujuan perusahaan. Namun, sistem penilaian kinerja karyawan yang tidak efektif yang tidak dapat meningkatkan kinerja karyawan adalah salah satu alasan mengapa banyak peneliti mengeksplorasi topik penilaian kinerja. Ada banyak jurnal dan makalah yang mengidentifikasi hubungan antara sistem penilaian kinerja dan kinerja karyawan yang signifikan, bagaimana perusahaan melakukan penilaian kinerja sehingga dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Dalam penelitian ini, penulis memfokuskan pada kasus nyata yang terjadi di PT Pertamina MOR III. PT Pertamina telah menerapkan penilaian kinerja untuk meningkatkan kinerja karyawan dan PT Pertamina adalah salah satu perusahaan di Indonesia yang memiliki kualitas kinerja tinggi. Penulis mencoba mengeksplorasi apakah kualitas penilaian kinerja memiliki hubungan yang signifikan dengan kinerja karyawan, dalam hal ini adalah kualitas penilaian kinerja apa yang memiliki hubungan positif dengan kinerja karyawan di PT Pertamina MOR III. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas penilaian kinerja memiliki hubungan yang signifikan terhadap kinerja karyawan, dan kualitas penilaian yang memiliki hubungan positif dengan kinerja karyawan adalah Kesesuaian dengan Strategis dan Reliabilitas. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Reliabilitas dari sistem penilaian kinerja adalah kualitas yang memiliki hubungan positif tertinggi dengan kinerja karyawan di PT Pertamina MOR III.