Sumber daya manusia yang cukup besar yang dimiliki PTDI tidak serta merta menjadikan satu-satunya maskapai penerbangan di Asia Tenggara menjadi perusahaan yang sehat dan untung, hingga saat ini kondisi perusahaan belum membaik jauh dari kondisi sebelumnya, Pengiriman produk ke pelanggan seringkali terlambat dan ini menyebabkan keuntungan dari setiap proyek menjadi terkikis.
Tujuan Penelitian dari karya ilmiah ini adalah untuk menempatkan karyawan yang kompeten di bidangnya masing-masing sebagaimana dibuktikan oleh parameter untuk pengukuran kompetensi teknis yang akurat.
Studi penelitian menyediakan analisis konseptual oleh perspektif internal di perusahaan dan rekomendasi pemecahan masalah pada manajemen sumber daya manusia, terutama dalam Pemetaan dan Kamus Teknis Kompetensi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif analitik. Dengan kata lain, penelitian deskriptif analitis mengambil isu atau memfokuskan perhatian pada masalah seperti ketika penelitian dilakukan, hasil penelitian kemudian diproses dan dianalisis untuk menarik kesimpulan. Deskriptif karena bertujuan untuk memperoleh penjelasan objektif tentang analisis model pemetaan kompetensi staf di PTDI Divisi Pengadaan PF Division.
Untuk tujuan ini penulis mencoba untuk membuat Peta Kompetensi Teknis dan Kamus untuk staf di PTDI dengan mengambil studi kasus di Departemen Pengadaan Divisi Pengadaan dan Fasilitas Fasilitas dan mengusulkan kepada Direksi PTDI bahwa mereka dapat menerapkannya di PTDI sebagai salah satu komponen pendukung jika PTDI akan menerapkan sistem Manajemen Sumber Daya Manusia berbasis Kompetensi.
Perpustakaan Digital ITB