OMI adalah salah satu pemain bisnis mini market di Indonesia. OMI adalah hasil dari strategi Indogrosir untuk meningkatkan penjualannya. Indogrosir dan OMI adalah sama-sama di bawah manajemen dari PT Inti Cakrawala Citra. Dalam hal ini, OMI bertindak sebagai saluran distribusi resmi dari Indogrosir dimana OMI harus di supply hanya dari Indogrosir dimana pola kerjasama ini menyebabkan OMI kesulitan untuk menempatkan diri di pasar.
Salah satu masalah yang dirasakan di dalam praktek sebenarnya adalah masalah posisi dimana menyebabkan OMI belum mencapai keunggulan kompetitif walaupun sudah beroperasi lebih dari 5 tahun dan menghasilkan krisis identitas yang disebabkan oleh perbedaan antara rencana strategi penempatan di pasar dengan persepsi pelanggan. Hasil nyatanya adalah citra OMI di masyarakat belum populer dan tidak menjadi yang teratas di dalam persepsi masyarakat. Hal ini berarti bisnis OMI berjalan dengan keadaan biasa saja dan keuntungannya juga biasa.
Alat-alat yang dipakai untuk melakukan analisis terhadap keseluruhan kondisi OMI adalah analisa strategi bisnis dan model bisnis. Pengumpulan informasi dilakukan secara kualitatif dan didapatkan dari pengumpulan data, pengamatan dan di konfirmasi oleh wawancara.
Setelah analisa dilakukan, hasilnya adalah benar bahwa OMI sedang mengalami krisis identitas dimana mengakibatkan kinerja mereka yang tidak istimewa. Strategi bisnis yang mereka pilih adalah cost leadership dimana kondisi bisnisnya tidak memungkingkan untuk menjalankan strategi tersebut.
Untuk memecahkan masalah tersebut, hanya satu pilihan yang dapat dipilih oleh OMI yaitu mereka harus merumuskan ulang strategi mereka yang berkatitan dengan strategi positioning dan secepatnya menempatinya dan mengunci posisi tersebut, tapi tetap harus memastikan bahwa kondisi dasar bisnisnya memungkinkan untuk melakukan itu agar hasilnya bisa mencapai keunggulan kompetitifnya. Posisi yang seharusnya mereka pilih adalah pasar convenience store karena berdasarkan kondisi dasar bisnisnya, strategi inilah yang paling cocok. Di pasar ini mereka bisa menjual barang dengan harga premium dan dengan atmosfir yang premium juga.
Untuk keberhasilan rekomendasi tersebut, ada tiga “kendaraan” alternatif yang dapat dipilih untuk mendukung jalannya proses transformasi. Yang pertama adalah membuat departemen yang mandiri di dalam PT Inti Cakrawala Citra yang dipimpin oleh direktur yang khusus memimpin departemen ini untuk mengarahkan dan memfasilitasi jalannya bisnis baru ini. Yang kedua adalah membuat perusahaan lain yang dimiliki oleh PT Inti Cakrawala Citra dimana akan membuatnya menjadi induk dari perusahaan baru tersebut.Yang terakhir adalah menjual bisnis OMI kepada perusahaan lain tetapi dengan perjanjian yang sama dimana akan mengikat calon perusahaan tersebut untuk menjadikan Indogrosir pemasok tunggalnya seperti perjanjian yang berlangsung saat ini.
Akhir kata, studi ini telah menunjukkan bahwa analisis model bisnis dapat menolong suatu bisnis untuk introspeksi diri dan memakainya sebagai dasar dari perumusan ulang strategi mereka untuk mencapai keunggulan kompetitif.
Perpustakaan Digital ITB