digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Bisnis penggilingan gabah di Jawa Timur telah terpengaruh oleh serangkaian kebijakan politis dan meningkatnya iklim kompetisi. Sebagai pemain lama di dalam industri penggilingan gabah, XYZ juga turut terpengaruh oleh hal ini. Satu-satunya bisnis milik XYZ adalah penggilingan gabah, sehingga kelangsungan usaha penggilingan gabah XYZ sangatlah penting. Saat ini, usaha penggilingan gabah XYZ mengalami gejala penurunan keuntungan usaha, di saat pasar justru cenderung dan selalu naik. Sejalan dengan masalah tersebut, proyek akhir ini disusun untuk mendiskusikan bagaimana meningkatkan keuntungan usaha dan daya saing penggilingan gabah XYZ. Pendekatan dalam studi ini dilakukan dengan membentuk kerangka pengembangan solusi, wawancara pemilik, observasi, dan pengumpulan data sekunder dari penelitian sebelumnya. Hasil dari pengumpulan data diinterpretasikan menggunakan kerangka pengembangan solusi yang telah dibentuk. Kerangka pengembangan solusi terdiri dari analisa lingkungan eksternal dan internal, untuk kemudian digambarkan dalam kerangka SWOT. Dari kerangka SWOT kemudian akan disimpulkan masalah yang dihadapi Pendekatan yang dilakukan menyimpulkan bahwa masalah utama XYZ adalah diperlukan perumusan ulang strategi bisnis XYZ untuk menghadapi persaingan. Karena itu, dalam tulisan ini difokuskan untuk merumuskan kembali strategi bisnis XYZ. Solusi untuk XYZ adalah dengan mengambil „cost leadership‟ sebagai „strategic positioning‟ karena harga adalah salah satu faktor yang penting dalam persepsi konsumen. Strategi yang sesuai untuk XYZ sejalan dengan „positioning‟ XYZ adalah peningkatan kualitas produksi dan efisiensi melalui investasi mesin baru. Strategi kedua adalah meningkatkan jumlah dan kualitas bahan baku pembelian. Strategi ketiga adalah meningkatkan aktivitas penjualan langsung melalui fokus pada penguatan model bisnis. Rekomendasi pelaksanaan strategi juga dikembangkan untuk membantu implementasi strategi yang direncanakan. Rekomendasi pertama dimulai dengan pengkajian untuk investasi mesin baru. Rekomendasi kedua adalah untuk melakukan perekrutan pembeli baru dan studi awal sistem pembelian baru. Rekomendasi ketiga adalah untuk memulai studi untuk pembukaan toko baru. Rekomendasi tersebut sesuai jadwal yang ditampilkan pada tabel jadwal.