digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

E-commerce mengalami perkembangan pesat khususnya di Indonesia. Pada Ecommerce, tampilan situs merupakan interaksi awal antara pengguna dengan perusahaan. Kemudahgunaan adalah alasan utama pengguna untuk melakukan transaksi pada situs E-commerce. Model penilaian usabilitas diperlukan untuk menganalisa kemudahgunaan dari situs E-commerce. Model dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah model UWIS (Usability Assessment And Design Of Web-Based Information Systems). Model UWIS ini kemudian dikembangkan dengan menambahkan dimensi dan variabel dari literatur lainnya. Penelitian diambil dengan cara menyebarkan skenario dan kuesioner kepada 200 orang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negeri di Bandung. Situs yang diteliti adalah situs Air Asia dan Garuda Indonesia. Hasil penelitian membentuk 9 dimensi dan 25 item variabel yang valid dan reliabel. Dimensi baru yang terbentuk adalah dimensi Bantuan, Kepuasan, Kualitas Informasi, Kehandalan, Navigasi, Jaminan dan Kontak Perusahaan, Keamanan dan Fasilitas, Universality, serta Indikator Waktu. Faktor–faktor pada situs Garuda Indonesia dan Air Asia yang membutuhkan perbaikan prioritas adalah faktor Bantuan, Kepuasan, Kualitas Informasi, Kehandalan, Jaminan dan Kontak Perusahaan, Universality dan Indikator Waktu. Khusus untuk Garuda Indonesia faktor Universality dianggap telah efektif. Faktor yang dianggap tidak efektif adalah faktor Navigasi dan faktor Keamanan dan Fasilitas.