digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di berbagainegara industri maju seperti Jepang dan Amerika terbukti menjadi pilar kuat dalam perekonomian makro nasional. Peranan atau kontribusi UKM dalam perekenomian cukup besar terutama dalam menyerap tenaga kerja. Kota Bandung saat ini boleh disebut sebagai kota indutri kreatif di Indonesia karena di kota inilah lahir ide-ide kreatif mulai dari musik indie-nya, distro clothing sampai dengan industri kuliner. Salah satu industry kreatif yang berkembang pesat adalah Industri Kuliner. Usaha kuliner merupakan peluang usaha yang tidak akan pernah mati karena manusia membutuhkan makan untuk hidup. Mangga Keuken adalah merek yang peneliti miliki yang bergerak di bidang industry kuliner, sebagai bisnis yang diawali berdasarkan kebutuhan, hobi dan sebagai penikmat dari kuliner itu sendiri. Mangga Keuken berdiri pada penghujung tahun 2012. Ditengah trend kuliner yang sangat dinamis Mangga Keuken menawarkan produk dengan konsep yang mengacu pada cita rasa aslinya. Berangkat dari pemikiran konsep tersebut, Mangga Keuken mengkhususkan produknya pada : cookies, pastry dan cake.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi pemasaran Mangga Keuken untuk meningkatkan kepercayaan konsumen akan produknya, serta metode dan reformasi sistem yang tepat dalam menghadapi persaingan di pasar saat ini dan di masa depan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan untuk menggambarkan situasi yang terjadi di dunia bisnis yang bergerak di bisnis kuliner dengan Mangga Keuken sebagai objek utama. Obyek yang diteliti adalah situasi lingkungan bisnis eksternal dan internal digunakan sebagai dasar untuk menganalisis strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Pendekatan kuantitatif dan kualitatif dilakukan dengan survei yang meminta informasi dari responden terpilih sebagai sampel untuk mewakili seluruh populasi dengan menggunakan kuesioner dengan unit individu analisis. Hasil dari penelitian ini adalah solusi bisnis sesuai dengan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan saat ini adalah untuk menjalin kerjasama (Partnership) sehingga memiliki jalur distribusi untuk memasarkan produk mereka ke pasar yang lebih luas dan mendaftarkan perusahaan dan produk kepada badan hukum sehingga konsumen dan calon konsumen lebih percaya diri untuk produk dari Mangga Keuken. Untuk menjadi dikenal oleh pelanggan, Mangga Keuken harus memiliki kemasan unik yang menarik dan produk yang ditampilkan di dalam toko harus menarik untuk konsumen, sehingga konsumen akan tertarik untuk mendatangi stand dan mencoba produk, lalu mereka akan menyukai dan membeli produk tersebut. Untuk menarik konsumen luar, Mangga Keuken dapat menggunakan media sosial.