digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Freshmart merupakan jenis usaha yang bergerak di bidang retail khususnya mini market dengan konsep yang berbeda dengan mini market pada umumnya. Freshmart terletak di daerah Antapani Bandung, dan baru memulai bisnisnya pada bulan Maret 2010. Konsep yang dimiliki Freshmart ialah mini market yang menyediakan daging sapi lokal serta sayuran organik sebagai produk utama yang dipilihnya. Isu bisnis yang dihadapi Freshmart ialah persaingan yang ketat, brand yang lemah, serta banyak karyawan yang menganggur. Persaingan yang ketat disebabkan oleh pesatnya perkembangan bisnis retail di seluruh daerah serta pesaing‐pesaing telah memiliki kepercayaan masyarakat. Brand yang lemah dikarena umur dari Freshmart yang masih baru beberapa bulan saja sehingga belum dikenal oleh banyak masyarakat. Sedangkan banyaknya karyawan yang menganggur diakibatkan dari banyaknya jumlah karyawan tidak sebanding dengan jumlah pekerjaan yang harus dikerjakan. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini diharapkan dapat memberikan solusi bagi Freshmart dalam hal strategi korporat, strategi bisnis, dan strategi fungsional. Strategi korporat diperoleh dari Matriks SWOT yaitu strategi Turn‐around. Alternatif strategi Turn‐around dipilih dari hasil metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) sehingga yang terpilih ialah dengan mengubah konsep desain toko dengan 60% sayuran organik dan daging sapi lokal, 40% customer goods. Berdasarkan dari strategi generik Porter diperoleh strategi bisnis Freshmart ialah fokus dengan alasan telah banyak masyarakat yang sadar akan kesehatan. Sedangkan strategi matriks TOWS menghasilkan empat strategi fungsional yaitu strategi pemasaran, operasional, SDM (Sumber Daya Manusia), dan keuangan. Penerapan implementasi dapat meningkatkan eksistensi Freshmart di dunia usaha retail dengan menonjolkan diferensiasi produk yang dimiliki dan melakukan pemasaran yang lebih baik sehingga dapat menonjolkan brand ke masyarakat luas. Hal tersebut dapat berhasil jika didukung dengan kualitas yang baik serta harga yang terjangkau oleh masyarakat umum.