digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Layanan komunikasi berbasiskan sistem komputer yang berjalan pada kanal jaringan memungkinkan dikembangkan pada berbagai kebutuhan penyajian informasi, terlebih dalam dukungan kegiatan akademik di kampus. Dengan perkembangan Teknologi Informasi, konvergensi telekomunikasi dan komputer telah mengeluarkan suatu layanan yang efektif dan efisien dalam penyajian berita terlebih informasi yang bersifat penting. IVRS (Interactive Voice Response System) merupakan alternatif teknik komunikasi satu-arah yang dikembangkan untuk penyajian informasi pada setiap pelanggan. Dalam penelitian ini telah dilakukan implementasi dan pengujian pada layanan komunikasi berbasiskan e-Kampus dengan mode komunikasi satuarah (simplex communication method). Hasil pengujian pada sejumlah responden yang ditugaskan untuk menilai menggunakan teknik Mean Opinion Score (MOS) menunjukkan layanan komunikasi yang telah dikembangkan untuk parameter suara yang adalah relatif jelas; sehingga dimungkinkan layanan komunikasi ini cukup efektif dan efisien sebagai layanan komunikasi berbasiskan e-Kampus.