digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

PAUD (PendidikananakusiaDini) jelas berbeda dengan pendidikan orang dewasa.Hal ini dipengaruhi tingkat perkembangan kognitif dan afektif. Metode pendidikan anak usia Education dengan bermain sambil belajar. Kegiatan belajar dan mengajar adalah bagian yang sangat penting dari proses pendidikan. Tata cara atau metode belajar da nmengajar sangat menentukan hasil pendidikan.TujuanPenelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran anak usia dini (PAUD) dari system konvensional ke sistem visual dengan pemanfaatan teknologi multimedia dan mengacu pada hasil analisis kurikulum PAUD, lingkup perkembangan anak usia 4-5 tahun, dan prinsip pelaksanaan pembelajaran dalam PAUD. Sehingga diharapkan dengan melakukan analisis akan dihasilkan desain media pembelajaran yang sesuai dengan tingkat penalaran dan perkembangan anak usia prasekolah. Penerapan dari penelitian ini adalah pendidikan formal, non formal dan informal. Jangka panjang dari hasil penelitian ini adalah dimasukkannya media ini kedalam kurikulum PAUD sebagai media alternatif, sehingga pengenalanTeknologiInformasi bias dikenalkan sejak dini.