digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Raditya Naufal Abiyu
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan

Pembelajaran Berpikir Komputasional (CT) sering kali terkendala oleh format soal yang statis pada platform seperti Bebras Challenge, yang kurang efektif untuk membangun pemahaman konseptual. Keterbatasan ini sangat terasa pada soal-soal kriptografi yang menuntut pemahaman proses dinamis, di mana siswa tidak dapat bereksperimen secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal interaktif classical cipher yang mentransformasi konsep statis menjadi pengalaman belajar dinamis, serta menghasilkan aplikasi frontend fungsional yang mengintegrasikan soal tersebut dengan elemen gamifikasi. Dengan menggunakan metodologi Waterfall, sebuah aplikasi pembelajaran berbasis web berhasil dikembangkan. Solusi ini mengubah soal-soal statis menjadi simulasi interaktif melalui dua model utama: Cipher-n, yang dikembangkan dari soal "Cipher 8", dan Ring Cipher. Untuk meningkatkan motivasi, aplikasi ini didukung elemen gamifikasi yang terintegrasi, meliputi sistem penilaian berbasis kinerja, leaderboard, dan streak harian. Pengujian fungsional memverifikasi bahwa seluruh fitur berjalan sesuai dengan perancangan. Pengujian fungsional mengindikasikan bahwa fitur-fitur utama berjalan sesuai dengan perancangan pada skenario yang diuji. Pengujian usability dengan 5 partisipan target menghasilkan skor rata-rata System Usability Scale (SUS) sebesar 74 (kategori “Baik”) dan skor Net Promoter Score (NPS) +60 (kategori “Luar Biasa”). Hasil ini memberikan indikasi bahwa aplikasi yang dikembangkan bersifat fungsional dan memiliki tingkat usability yang cukup baik pada sampel terbatas.