ABSTRAK Raditya Naufal Abiyu
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Esha Mustika Dewi
» Gedung UPT Perpustakaan
Pembelajaran Berpikir Komputasional (CT) sering kali terkendala oleh format soal
yang statis pada platform seperti Bebras Challenge, yang kurang efektif untuk
membangun pemahaman konseptual. Keterbatasan ini sangat terasa pada soal-soal
kriptografi yang menuntut pemahaman proses dinamis, di mana siswa tidak dapat
bereksperimen secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan
soal interaktif classical cipher yang mentransformasi konsep statis menjadi
pengalaman belajar dinamis, serta menghasilkan aplikasi frontend fungsional yang
mengintegrasikan soal tersebut dengan elemen gamifikasi. Dengan menggunakan
metodologi Waterfall, sebuah aplikasi pembelajaran berbasis web berhasil
dikembangkan. Solusi ini mengubah soal-soal statis menjadi simulasi interaktif
melalui dua model utama: Cipher-n, yang dikembangkan dari soal "Cipher 8", dan
Ring Cipher. Untuk meningkatkan motivasi, aplikasi ini didukung elemen
gamifikasi yang terintegrasi, meliputi sistem penilaian berbasis kinerja,
leaderboard, dan streak harian. Pengujian fungsional memverifikasi bahwa seluruh
fitur berjalan sesuai dengan perancangan. Pengujian fungsional mengindikasikan
bahwa fitur-fitur utama berjalan sesuai dengan perancangan pada skenario yang
diuji. Pengujian usability dengan 5 partisipan target menghasilkan skor rata-rata
System Usability Scale (SUS) sebesar 74 (kategori “Baik”) dan skor Net Promoter
Score (NPS) +60 (kategori “Luar Biasa”). Hasil ini memberikan indikasi bahwa
aplikasi yang dikembangkan bersifat fungsional dan memiliki tingkat usability yang
cukup baik pada sampel terbatas.
Perpustakaan Digital ITB