digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2009 TS PP REZKI YUNIARTI 1.pdf

File tidak tersedia

Playable character merupakan bagian penting sebuah role playing game (RPG). Playable character adalah suatu entitas yang dikontrol oleh pemain. Biasanya pemain mengontrol penuh playable character tersebut. Namun terdapat beberapa playable character yang juga didesain menjadi semi otomatis (semi-autonomous character).Pada penelitian ini, akan dibuat suatu playable character yang memiliki efek pengambilan keputusan sendiri atau dikenal sebagai semi-autonomous character. Pada dasarnya efek pangambilan keputusan ini berupa suatu transisi state dari keadaan satu ke keadaan lainnya. Dengan menggunakan FSM dibuatlah suatu diagram yang merepresentasikan perilaku-perilaku playable character yang akan memberikan efek pengambilan keputusan sendiri atau semi otomatis. Playable character tetap dikontrol oleh pemain, tetapi juga memiliki perilakunya sendiri. Playable character diterapkan pada game bertema manasik haji yang bergenre RPG. Untuk membuat playable character terlihat cerdas, diterapkan suatu algoritma pencarian jalur A* dan penambahan beberapa sensor. Juga dibutuhkan suatu teknik atau metode agar playable character dapat melakukan aktivitas mengantri di area yang cukup ramai.