digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Dokumen Asli
Terbatas  Dessy Rondang Monaomi
» Gedung UPT Perpustakaan

Mekanisme interaksi dialog pada gim saat ini masih belum natural seperti percakapan sehari-hari, sehingga membatasi kedalaman pengalaman bermain. Implementasi large language model pada non-playable character diperlukan untuk menghadirkan interaksi yang lebih imersif dan menyenangkan. Penelitian berikut bertujuan untuk mengembangkan prototipe gim yang memanfaatkan non-playable character berbasis model bahasa. Pengembangan gim dilakukan dengan metode bertahap dari pendefinisian konsep gim, pengembangan konsep yang menghasilkan dokumen desain gim, dan pengembangan prototipe perangkat lunak gim. Di dalamnya terdapat proses perancangan komponen large language model pada gim dan rekayasa prompt karakter sebagai bagian dari pengintegrasian large language model pada gim. Penelitian ini menghasilkan prototipe gim naratif bertema detektif dengan non-playable character berbasis model bahasa Mistral 7B Instruct v0.2. Gim dikembangkan dengan mengoptimalkan elemen dialog sebagai inti permainan untuk memaksimalkan pemanfaatan large language model. Evaluasi menunjukkan gim memperoleh nilai rata-rata 8,04 pada kriteria kesenangan dan memenuhi kriteria kesediaan fitur dengan 4 dari 6 fungsionalitas berjalan sempurna, sementara dua lainnya mengalami kendala minor. Secara keseluruhan, prototipe berhasil memenuhi tujuan pengembangan gim dengan non-playable character berbasis large language model.