2007 TA PP RESTU KEMARADINATA 1-COVER.pdf
2007 TA PP RESTU KEMARADINATA 1-BAB1.pdf
2007 TA PP RESTU KEMARADINATA 1-BAB2.pdf
2007 TA PP RESTU KEMARADINATA 1-BAB3.pdf
2007 TA PP RESTU KEMARADINATA 1-BAB4.pdf
2007 TA PP RESTU KEMARADINATA 1-BAB5.pdf
2007 TA PP RESTU KEMARADINATA 1-BAB6.pdf
2007 TA PP RESTU KEMARADINATA 1-PUSTAKA.pdf
Flight Data Recorder yang selama ini digunakan untuk kepentingan perawatan pesawat udara kini mulai dikembangkan untuk mendukung program untuk meningkatkan prestasi terbang. Flight Operation Quality Assurance (FOQA) yang sekarang ini marak dikembangkan oleh maskapai-maskapai menggunakan data dari FDR sebagai basis utamanya. Data yang direkam secara real time ini mengandung informasi yang sangat besar tentang keadaan pesawat udara pada saat beroperasi.
Tugas akhir ini menggunakan data FDR sebagai basis utama untuk mengembangkan metode analisis deviasi yang terjadi pada pesawat udara sedang operasi. Sebagai data acuan atau pembanding digunakan data dari Operating Manual. Fase terbang lepas landas yang dianalisis adalah fase terbang lepas landas.
Untuk mendapatkan deviasi prestasi pesawat udara data dari FDR dibandingkan dengan data dari Operating Manual. Parameter-parameter yang direkam oleh FDR diseleksi dan dipilih agar dapat dibandngkan dengan data dari Operating Manual. Dengan kondisi awal yang sama maka akan terlihat besar deviasi yang terjadi pada saat pesawat sedang beroperasi yakni yang terekam dalam FDR.
Faktor-faktor yang menyebabkan deviasi dicari dengan metode statistik mengingat besarnya jumlah data yang ada. Teknik analisis faktor dan regresi digunakan untuk mendapatkan faktor yang dominan terhadap adanya deviasi ini.
Perpustakaan Digital ITB