digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

2007 TA PP IKRAR WIRAYUDHIA 1-COVER.pdf


2007 TA PP IKRAR WIRAYUDHIA 1-BAB1.pdf

2007 TA PP IKRAR WIRAYUDHIA 1-BAB2.pdf

2007 TA PP IKRAR WIRAYUDHIA 1-BAB3.pdf

2007 TA PP IKRAR WIRAYUDHIA 1-BAB4.pdf

2007 TA PP IKRAR WIRAYUDHIA 1-BAB5.pdf

2007 TA PP IKRAR WIRAYUDHIA 1-PUSTAKA.pdf

Tema-tema penelitian mengenai keamanan kendaraan semakin berkembang dengan berkembangnya teknologi otomotif dan meningkatnya arus lalu lintas. Pada mobil untuk melindungi bagian kompartemen penumpang karena tabrakan, di bagian depan dipasang sistem bumper. Sistem bumper ini akan menyerap energi tumbukan akibat tabrakan dengan cara berdeformasi (progressive buckling). Dengan berdeformasi, sistem bumper dapat mengurangi kerusakan pada kompartemen penumpang yang mengakibatkan penumpang terluka serta memberikan perlambatan yang berada pada tingkat aman terhadap tubuh penumpang. Tugas Akhir ini akan menjelaskan analisis struktur berdinding tipis (tabung) dengan penampang berbentuk bujursangkar, struktur yang umum digunakan sebagai longitudinal pada sistem bumper mobil, yang diberi beban tumbukan aksial kecepatan rendah menggunakan metode elemen hingga. Pada Tugas Akhir ini dilakukan analisis parametrik kasus tumbukan kecepatan rendah pada tabung bujursangkar. Analisis dilakukan secara numerik menggunakan metode elemen hingga nonlinier, dengan menggunakan perangkat lunak LS-Dyna. Analisis parametrik ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh ketebalan dan lebar dinding terhadap gaya penghancur rata-rata. Berdasarkan hasil analisis parametrik ini dapat disimpulkan ternyata ketebalan dinding tabung memberikan pengaruh yang lebih besar pada gaya penghancur rata-rata dibandingkan lebar dinding tabung.