digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak - Vincent Alfred Rinaldi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Abstrak - Vincent Alfred Rinaldi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 1 Vincent Alfred Rinaldi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 2 Vincent Alfred Rinaldi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 3 Vincent Alfred Rinaldi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 4 Vincent Alfred Rinaldi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

BAB 5 Vincent Alfred Rinaldi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

COVER Vincent Alfred Rinaldi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

DAFTAR PUSTAKA Vincent Alfred Rinaldi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

LAMPIRAN Vincent Alfred Rinaldi
Terbatas  Irwan Sofiyan
» Gedung UPT Perpustakaan

Longitudinal Train Dynamics (LTD) digambarkan sebagai pergerakan kendaraan rel yang searah dengan arah jalannya kendaraan mengikuti lintasan rel. LTD dapat digunakan untuk menganalisis banyak hal, antara lain untuk simulasi dan optimasi operasi kereta api. Saat ini Laboratorium PPTI KA sedang mengembangkan program simulasi LTD untuk kebutuhan simulasi operasi kereta api. Pengembangan ini bertujuan agar simulasi operasi kereta api di Indonesia tidak lagi bergantung pada perangkat lunak dari luar negeri Model matematika kereta diperlukan untuk dapat melakukan analisis LTD. Model matematika kereta diturunkan dari diagram benda bebas kereta yang sedang bergerak dalam arah longitudinal. Model matematika ini yang digunakan dalam pembangunan model di MATLAB Simulink. Model tersebut divalidasi menggunakan perangkat lunak Universal Mechanism. Dari model MATLAB Simulink yang sudah divalidasi, graphical user interface (GUI) dapat dibuat untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan program simulasi LTD. GUI program simulasi LTD yang dibuat memungkinkan pengguna untuk memasukkan spesifikasi kereta dan profil lintasan. Hasil simulasi yang didapat dari program simulasi LTD adalah profil kecepatan kereta dan juga penggunaan energi traksi dan pengereman dinamik.