digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

ABSTRAK Denna Maulana Achmad
PUBLIC Irwan Sofiyan

Kereta api merupakan salah satu moda transportasi yang memiliki daya angkut penumpang cukup besar. Tingginya kebutuhan mobilitas manusia khususnya dikawasan perkotaan mendorong tumbuhnya teknologi pendukung operasional kereta sehingga kereta dalam hal ini mampu memberikan pelayanan yang prima. Dalam penelitian ini, akan dibahas mengenai optimasi profil kecepatan pengoperasian LRT Jabodebek pada lintas Cibubur – Ciracas. Namun, sebagai permulaan dalam penelitian terkait optimasi maka ada pembatasan satu batas kecepatan operasi menjadi batasan yang digunakan pada penelitian ini. Variabel input berupa besar nya traksi, waktu saat memberikan traksi, cruising, waktu cruising, waktu coasting dan besar nya gaya pengereman dikombinasikan untuk mencapai besaran energi yang optimal dengan waktu tempuh paling cepat, dengan pembanding data hasil Rolling Stock Dynamic Test. Simulasi menggunakan perangkat lunak Universal Mechanism, dengan iterasi data optimasi menggunakan Multi Objective Genetic Algorithm (MOGA) menggunakan perangkat lunak ANSYS. Dari hasil simulasi, setelah dilakukan optimasi didapatkan besaran konsumsi energi yang lebih rendah dengan waktu tempuh lebih cepat. Jika dibandingkan dengan pola operasi awal sebelum dilakukan optimasi terdapat pengurangan konsumsi energi sebesar 39,5% dengan waktu tempuh 33 detik lebih cepat. Dengan demikian dapat disimpulkan optimasi menggunakan MOGA dapat mencapai tujuan dari penelitian ini, yaitu konsumsi enrgi yang lebih rendah dengan waktu tempuh lebih cepat.