digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Kibo Industries adalah sebuah rumah produksi yang berdiri sejak maret tahun 2016 yang bergerak dibidang jasa produksi dengan home based di kota Bandung. Kibo Industries menerima produksi berbagai macam jenis produk seperti: kaos, polo shirt, jaket, sweater, parka, kemeja, raglan, seragam sekolah, seragam kantor, jersey, celana chino dll. Kibo Industries melayani pesanan produksi baik personal, distro, perusahaan, sekolah, universitas, event, komunitas, partai, dan berbagai bidang lainnya dengan pemesanan quantity besar maupun kecil. Didukung dengan peralatan yang modern, sumber daya manusia yang terampil dibidangnya dan berpengalaman, management yang professional diharapkan bisa memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen dalam hal kualitas, ketepatan waktu produksi, pelayan terbaik serta harga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Kibo Industries adalah solusi bagi konsumen yang membutuhkan jasa produksi dengan good quality, fast respones, fast progress, negotiable price, dan good service. Saat ini Kibo Industries memiliki mesin sebanyak 9 mesin produksi dari berbagai macam jenis mesin dan memiliki 10 karyawan yang terdiri dari membuat pola dan potong bahan (1 pegawai), membeli bahan produksi (1 pegawai), jahit (3 pegawai), sablon (3 pegawai) dan quality control & packing (2 pegawai). Total kapasitas produksi yang dapat dikerjakan di konveksi Kibo Industries sendiri sebanyak 2000 piece / bulan. Tujuan pembuatan makalah ini adalah menciptakan strategi pemasaran untuk dapat meningkatkan penjualan Kibo Industries dan dapat menyelesaikan masalah baik secara internal mau eksternal agar dapat bersaing dnegan competitor yang ada. Kondisi internal dianalisis dengan Marketing Mix, dan Business Model Canvas (BMC) kondisi eksternal dianalisis dengan benchmarking. Kedua analisis bisnis internal dan eksternal dirangkum didalam analisis SWOT untuk strategi pemasaran. Strategi yang dihasilkan dari analisis TOWS akan dijadikan sebagai strategi perusahaan, strategi bisnis dan strategi fungional. Strategi pemasarannya adalah market development strategy, product development strategy, dan promotion strategy. Semua strategi pemasaran tersebut rencananya akan dilaksanakan dalam waktu satu tahun untuk meningkatkan penjualan dan menyeleaikan permasalahaan Kibo Industries