digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

COVER Fajar Wicaksono
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 1 Fajar Wicaksono
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 2 Fajar Wicaksono
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 3 Fajar Wicaksono
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 4 Fajar Wicaksono
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

BAB 5 Fajar Wicaksono
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

PUSTAKA Fajar Wicaksono
PUBLIC Open In Flipbook Roosalina Vanina Viyazza

Jogjakarta adalah sebuah daerah yang terkenal akan wisatanya, namun, hal ini telah menyebabkan industri keramahan pada provinsi tersebut sebagai satu yang sangat kompetitif, dari faktor seperti perubahan tuntutan pelanggan dan perubahan dinamika pasar. Penelitian ini akan meletakkan perhatian pada PT. Riss Hotel Indonesia, hotel bintang empat yang terletak di pusat Kota Yogyakarta dimana pada tahun 2023, telah mengubah mereknya menjadi hotel independent dari Horison Hotel Group. Hotelnya, meski terletak beberapa Langkah dari Malioboro, memiliki pendapatan yang lebih rendah dibanding dengan rata-rata pasar, meskipun mengincar segmen pasar terbesar para turis. Menggunakan analisis mendalam mengenai hotel dari perspektif internal dan eksternal, serta menggunakan berbagai alat, seperti sumber daya dan rantai nilai untuk lingkungan internal, umum, industri, dan analisis pesaing untuk lingkungan eksternal, serta menggunakan analisis SWOT, matriks TOWS, dan kerangka kerja berlian strategi untuk formulasi strategi. Tujuan dari penelitian ini dan alat dan metrik tersebut adalah untuk mengidentifikasi target pasar Riss Hotel, sumber daya dan kapabilitas internal, dan apa peluang dan ancaman eksternal Riss Hotel. Penelitian ini juga untuk mengidentifikasi kemungkinan sebuah strategi kooperatif sebagai strategi berpotensial beserta strategi lain untuk Riss Hotel. Penemuan riset ini mengindikasikan bahwa ada berbagai cara dimana Riss Hotel dapat tingkatkan dan juga peluang, seperti peluang menetapkan strategi kerjasama berkat ekosistem yang mendukung, meningkatkan sistem kesetiaan, dan pengembangan departemen pemasaran dengan diperdalam dan menambahkan spesialisasi.