PT Sumber Berkat, sebuah startup di industri Makanan dan Minuman (F&B) di Indonesia, saat ini menghadapi tantangan dalam beradaptasi dengan dinamika pasar dan menciptakan bisnis yang menguntungkan sejak tahun 2024. Awalnya, perusahaan berkembang pesat selama pandemi melalui bisnis grosir online, namun mengalami penurunan permintaan secara tajam setelah pandemi COVID-19 disebabkan preferensi konsumen beralih kembali untuk makan di tempat serta meningkatnya persaingan. Industri F&B Indonesia semakin kompetitif, terutama bagi Usaha Kecil, dan Menengah (UKM). Meskipun telah berusaha melakukan diversifikasi sumber pendapatan melalui jasa konsultasi, venture building, layanan kepegawaian, dan proyek lainnya namun PT Sumber Berkat masih kesulitan karena strategi dan model bisnis yang kurang jelas. Tujuan penelitian ini untuk mengusulkan strategi bisnis dan model bisnis yang menguntungkan. Metodologi penelitian menggunakan kerangka manajemen strategis yaitu AFI atau Analysis, Formulation, and Implementation sebagai desain penelitian guna mengembangkan rekomendasi dan saran yang dapat diimplementasikan. Analisis sebagai bagian dari Input Strategi, menggunakaan berbagai kerangka kerja seperti analisis pasar, internal, dan eksternal analisis termasuk analysis sumber daya, analisis rantai nilai, serta analisis lingkungan umum, industri serta pesaing. Analisis internal bertujuan untuk memahami kemampuan perusahaan dalam memenangkan persaingan sedangkan analisis eksternal dilakukan untuk menilai daya tarik industri serta faktorfaktor kompetitif. Temuan yang didapatkan, kemudian di sintesiskan menjadi kerangka SWOT lalu diformulasikan menggunakan Matrix TOWS untuk formulasi strategi dengan cara mencocokkan kapabilitas internal dengan peluang eksternal. Penelitian ini mengusulkan strategi diferensiasi terfokus untuk PT Sumber Berkat bertujuan untuk meningkatkan profitabilitas dan keberlanjutan bisnis. Rekomendasi mencakup membuat paket layanan baru guna memenuhi kebutuhan pelanggan, meningkatkan model bisnis venture builder seperti tambahan layanan ekspansi pasar, meningkatkan bisnis proses layanan kepegawaian, dan memanfaatkan media sosial untuk memperkuat reputasi perusahaan dan mendapatkan pelanggan baru. Strategi ini kemudian diterjemahkan kedalam Business Model Canvas sebagai alat komunikasi kepada pemangku kepentingan di PT Sumber Berkat. Penelitian ini diakhiri dengan rekomendai dan rencana implementasi yang mencakup target yang jelas guna membantu perusahaan menjalankan usulan strategi.
Perpustakaan Digital ITB