digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab kesenjangan penelitian dari para peneliti sebelumnya, Gambler et al yang menyatakan tidak ada penelitian sebelumnya tentang asuransi digital yang dapat ditemukan sementara produk teknologi keuangan lainnya seperti dompet digital dan perbankan digital jauh lebih kaya di bidang penelitian akademis. Selain itu, Gambler et al juga merekomendasikan untuk penelitian di masa depan untuk melakukan studi di bidang asuransi digital secara khusus tentang adopsi saat ini dan faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi asuransi digital. Karena tinjauan literatur pada bidang ini sangat tipis. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) adopsi asuransi digital saat ini di kalangan mahasiswa, (2) faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap adopsi asuransi digital di kalangan mahasiswa (3) rekomendasi berdasarkan temuan untuk meningkatkan adopsi tingkat asuransi digital. Peneliti menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) untuk menilai faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi asuransi digital, selain itu penelitian ini juga mengeksplorasi tingkat digital savviness di kalangan mahasiswa, karena digital savviness sangat terkait dengan tingkat adopsi. Data dikumpulkan melalui kuesioner online yang diadopsi dari penelitian sebelumnya. Kuesioner didistribusikan dengan metode kenyamanan kepada teman-teman relatif. Kuesioner online dibagi menjadi 4 bagian, yaitu Demoghraphics, gaya hidup, adopsi saat ini, dan variabel. Demoghraphics dan gaya hidup digunakan untuk merumuskan fakta gaya dan kecakapan digital di kalangan mahasiswa yang akan digunakan untuk menghasilkan rekomendasi. Untuk adopsi saat ini, para peneliti mengukur dari kuesioner di bagian 3, sedangkan bagian 4 digunakan untuk menyelidiki faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap adopsi asuransi digital menggunakan Path Analysis. Peneliti menggunakan perangkat lunak statistik SPSS dalam memproses data dengan beberapa tes seperti reliabilitas, validitas, normalitas, multikolinieritas, heteroskedastisitas, autokorelasi, linearitas,. Berdasarkan analisis tersebut, peneliti menemukan bahwa program pengembangan yang sangat terkait dengan optimalisasi Perceived Usefulness untuk meningkatkan kesadaran pelanggan adalah salah satu rekomendasi strategis untuk meningkatkan adopsi asuransi digital di kalangan mahasiswa, sebagai rekomendasi untuk meningkatkan penetrasi, mahasiswa dari Jabodetabek dan Jabar dianggap sebagai tempat yang strategis untuk memasarkan asuransi digital.