digilib@itb.ac.id +62 812 2508 8800

Abstrak
Terbatas  Dewi Supryati
» Gedung UPT Perpustakaan

Industri Pakaian telah mencapai nilai 1.84 triliun dolar di tahun 2025 dengan proporsi 1,65% dari pendapatan per kapita seluruh dunia. Dengan nilai ini, diekspektasikan konsumsi pada industri pakaian akan meningkat 63% di tahun 2030. Di Indonesia, industri tekstil, pakaian jadi, dan alas kaki menunjukkan kinerja positif sesuai perannya sebagai sektor prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045. Berdasarkan data pada tahun 2024, total investasi pada sektor pakaian dan tekstil ini meningkat sebesar 31,1 persen menjadi Rp 39,21 persen. Dengan perkembangan ini, pelaku industri pakaian perlu melakukan penyesuaian dan perkembangan untuk bisa memanfaatkan peningkatan potensi ini. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengatasi masalah yang dialami pihak pengambilan pesanan produk mengenai tingkat kesalahan pada pengambilan pesanan produk yang disebabkan karena desain label yang kurang efektif dengan menggunakan metode evaluasi usability Metode evaluasi usability yang akan digunakan untuk melakukan evaluasi pada desain label produk busana, khususnya CV. XYZ akan dilakukan dengan dua tahapan, yaitu usability testing dan usability inquiry. Untuk melakukan usability testing, digunakan metode performance measurement dan neuro-usability menggunakan eye tracker. Sedangkan pada usability inquiry digunakan kuesioner Post-study System Usability Questionnaire (PSSUQ) yang merupakan kuesioner yang diberikan pada akhir setiap tahapan pengujian usability. Penelitian ini menghasilkan rancangan desain 4 sebagai rancangan desain yang dapat mengurangi 27,96% dari waktu penyelesaian desain existing dengan overall score PSSUQ sebesar 1,89 yang mengindikasikan hasil PSSUQ yang baik. Dengan dilakukannya penelitian ini, diharapkan terdapat manfaat yang didapat melalui keluaran yang dapat membantu pihak terkait agar dapat mengetahui desain perbaikan yang dapat dilakukan pada desain label produk berdasarkan hasil evaluasi usability dan dapat memberikan rekomendasi perbaikan yang dapat meningkatkan kemudahan dan produktivitas pengguna ketika melakukan pengambilan pesanan produk.