ABSTRAK_Muhammad Rafli Dwiki Ramadhan
Terbatas  Perpustakaan Prodi Arsitektur
» Gedung UPT Perpustakaan
Terbatas  Perpustakaan Prodi Arsitektur
» Gedung UPT Perpustakaan
Akhir-akhir ini, pengakuan terhadap hak penyandang disabilitas semakin berkembang, tetapi diskriminasi dan keterbatasan aksesibilitas masih banyak terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Hambatan fisik, sosial, dan lingkungan membuat penyandang disabilitas kesulitan mengakses pendidikan yang setara, sehingga peluang kerja mereka menjadi lebih rendah dibandingkan kelompok non-disabilitas. Kondisi ini menimbulkan ketimpangan yang berdampak pada kemandirian dan partisipasi sosial penyandang disabilitas.
Untuk menjawab permasalahan tersebut, dirancanglah sekolah seni pertunjukan bagi penyandang disabilitas fisik dan sensorik, khususnya pengguna kursi roda, kruk, walker, kaki/tangan prostetik, tunanetra, dan low vision. Seni pertunjukan dipilih sebagai fokus kegiatan karena aktivitas ini menuntut pergerakan yang selama ini menjadi tantangan bagi mereka, sehingga dibutuhkan pendekatan desain yang inklusif dan responsif terhadap keterbatasan mobilitas.
Sekolah ini tidak hanya menjadi sarana pendidikan dan pengembangan keterampilan, tetapi juga sebagai wadah ekspresi, kreativitas, dan pembentukan rasa percaya diri bagi siswa. Lingkungan belajar dirancang aman, nyaman, dan mendorong siswa untuk berkreasi tanpa rasa takut terhadap risiko cedera maupun stigma negatif. Dengan demikian, sekolah ini diharapkan mampu mengenalkan seni pertunjukan disabilitas yang masih kurang dikenal di Indonesia.
Proyek sekolah seni pertunjukan ini dibangun di Kota Surabaya sebagai lembaga kursus dan pelatihan nonformal yang memiliki sertifikasi kompetensi. Program pendidikan terdiri dari tiga jenjang—dasar, menengah, dan mahir—dengan empat jurusan utama, yaitu seni tari, teater, musik, dan film. Pendirian sekolah ini merupakan kerja sama pemerintah dengan BRI, memanfaatkan lahan milik BRI melalui program tanggung jawab sosial perusahaan dalam mendukung pendidikan inklusif bagi penyandang disabilitas.
Perpustakaan Digital ITB